Kerusuhan di Manokwari, Ketua DPW IKM Papua: Perantau Minang Aman

"Dari data yang ia miliki, setidaknya ada sekitar 10.000 warga Minangkabau yang berada di sana"
Kerusuhan Manokwari (net)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Ketua DPW IKM Papua, Zulhendri Sikumbang mengatakan, kondisi masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan terkhususnya perantau Minang di Papua sejauh ini masih aman dan terkendali.

"Untuk Merauke, baik Wamena, IKM Sorong, Manokwari dan Jaya pura masih aman dan terkendali," ungkap Zulhendri Sikumbang saat dihubungi melalui telpon dari Pesisir Selatan.

Dari data yang ia miliki, setidaknya ada sekitar 10.000 warga Minangkabau yang berada di sana, dan saat ini masih dalam kondisi aman dan tidak terdampak apa-apa akibat kerusuhan yang terjadi.

Lanjutnya, untuk mencegah masyarakat Minang di Papua tidak terlibat aksi kerusuhan, pihaknya terus melakukan monitoring ke setiap pengurus DPP IKM. Salah satunya untuk memantau kondisi masyarakat Minang yang ada di sana.

"Jadi kami IKM Papua, kita sudah sampaikan di WA grup. Masing-masing ketua DPD kami imbau untuk berdiam diri di rumah," tutupnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel)-Sumbar menyebutkan, sedikitnya ada sekitar 1.000 warga Bayang Utara hidup merantau di Papua. Sebagian besar dari mereka berada tersebar, diantaranya seperti Manokwari, Mawena dan Jayapura.

"Untuk Manokwari sendiri, juga saudara kita di sana. Tapi, sudah konfirmasi ke keluarga yang di Puluik-puluik (Bayang Utara), memang masih mencekam tapi masih aman," sebutnya.

Sampai saat ini, Kata Ronald Bernando, pihaknya tetap berkomunikasi dengan perantau yang ada di sana. Diantaranya untuk memastikan warga Bayang Utara yang ada di Papua dan sekitarnya benar terpantau.

"Kami berharap semua dapat terkendali, dan jaga posisi kita untuk tidak terprovokasi," ujarnya.

(Kiki Julnasri)