Pengujung Kota Painan Dikejutkan dengan Penampakan Buaya

"Buaya ini diperkirakan memiliki panjang lima meter, dan kerap mengapungkan diri di permukaan air sekitar 100 meter dari bibir pantai."
Warga berkumpul melihat buaya yang sering terlihat di perairan sekitar Kota Painan (ist)

PESSEL, KLIKPOSITIF-- Pengunjung di sekitaran Kota Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dikejutkan dengan penampakan buaya di kawasan wisata setempat.

Informasi yang diterima KLIKPOSITIF,  buaya ini terlihat selama satu minggu terakhir. Tepatnya keberadaan buaya ini bermuculan di perairan Batu Tembak, Nagari Painan Selatan.

"Kami tidak tahu datang dari mana. Tapi, buaya ini muncul secara tiba-tiba sejak Iduladha lalu," ungkap Kepala Kampung Muaro Painan Selatan, Itridal Fino saat dihubungi KLIKPOSITIF.

Ia menjelaskan, buaya ini terpantau memiliki panjang sekitar lima meter, dan kerap mengapungkan diri di permukaan air sekitar 100 meter dari bibir pantai.

"Sejak Iduladha itu, sampai saat ini masih terus menampakan diri. Dan pengujung pun takut beraktivitas di sekiraran laut," katanya.

Sejauh ini, pihaknya sudah mengantisipasi pengujung untuk tidak beraktivitas di sekitaran perairan tersebut. Sebab, dikhawatirkan sewaktu-waktu buaya itu menelan korban. "Kejadian ini sudah kami laporkan ke BPBD (Pemkab setempat), dan juga kami laporkan ke BKSDA," ujarnya.

Kiki Julnasri Priatama