Potensi Ikan Cupang Hias, Selain Hobi Bisa Jadi Peluang Usaha Menjanjikan 

Cupang Hias
Cupang Hias (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Potensi ikan Cupang Hias menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Sumbar, selain dijadikan sebagai hobi. Namun, juga berpeluang menjadi potensi usaha ternak.

"Cupang Hias ini banyak peminatnya, tidak hanya kalangan domestik namun juga luar negeri. Maka, jika diternakan ikan hias cupang ini dapat menjadi usaha bagi masyarakat," ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Yosmeri, Selasa (20/8) di Padang.

Disebutkan Yosmeri, jenis Cupang Hias ini merupakan, jenis ikan yang gampang dipelihara karena tidak memerlukan lahan atau tempat yang luas untuk membudidayakannya. Bahkan, budidaya bisa dilakukan dirumah.

Baca Juga

"Karena Cupang Hias ini suka hidup di air tenang. Makanya, ikan ini sangat cocok untuk dipelihara di rumah," katanya.

Selain itu, Cupang Hias tentunya berbeda dengan ikan cupang adu. Perbedaan kedua ikan ini dapat dilihat dari variasi warna yang lebih cerah. Kemudian, Cupang Hias juga memiliki ekor dan sirip yang sangat khas 

"Untuk gerakan cupang hias ini cenderung lebih lamban. Sebab, Cupang Hias suka menunjukkan kecantikannya. Ketika berenang dia akan sangat suka mengibaskan ekor dan siripnya yang indah," tuturnya.

Dilanjutkan Yosmeri, Cupang Hias ini bahkan turut diperlombakan di gedung Himpunan Tjinta Teman (HTT) Kota Padang pada tanggal 16 hingga 18 Agustus lalu dengan tema 'Ikan Hias King Of Asia 2019 Sumatra International'. Pelaksanaan ini juga beririangan dengan bazar merah putih dalam rangka HUT RI ke 74 tahun.

"Perlombaan ini bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat dalam memelihara dan pemasaran Cupang Hias yang berdampak pada peningkatan ekonomi pelaku usaha perikanan," tuturnya.

Tambahnya, untuk peserta lebih kurang 673 orang peserta lokal, nasional dan Internasional. Dari peserta lokal sebanyak 267 peserta sehingga menjadikan  peserta terbanyak dengan rincian dari  Padang, Bukittinggi, Payakumbuh, Padang Panjang, Solok Selatan, Pariaman, Pesisir Selatan dan beberapa kab/kota lainnya.

"Sedangkan untuk peserta diluar Sumbar dari Jambi, Lampung, Bengkulu, Jakarta, Palembang, Surabaya, Kalimantan, Medan, Makasar dan Bali. Sementara peserta dari Internasional yaitu Singapura, Malaysia, California, Taiwan, Korea, Jepang, Cina taipe, Hongkong, Philipina," tambahnya lagi.

Yosmeri berharap daya tarik Cupang Hias terus meningkat di kalangan masyarakat Sumbar dan ini menjadikan potensi peluang usaha meningkatkan taraf perekonomian. 

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Joni Abdul Kasir