BKSDA Sumbar Sebut Penampakan Buaya di Painan Tidak akan Bertahan Lama

"Jenis buaya yang mucul di Painan saat ini adalah merupakan buaya muara"
Penangkapan buaya oleh warga di Muara Surantih Pessel tahun 2017 yang lalu. (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Wakil Kepala Satgas Polisi Kehutanan Seksi Konservasi Wilayah II Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar, Zulmi Gusrul, menyebut penampakan buaya yang beraktivitas di sekitaran kawasan wisata Painan, Kabupaten Pesisir Selatan - Sumbar belakangan ini tidak akan bertahan lama.

Ia mengaku, sudah mengetahui tentang penampakan buaya di Painan. Namun, karena buaya tersebut berada dihabitatnya, BKSDA belum bisa melakukan penangkapan.

"Beberapa hari yang lewat kita sudah dapat informasinya juga. Tapi karena posisi buaya itu dihabitatnya kita tidak bisa melakukan penangkapan," ungkap Zulmi Gusrul kepada KLIKPOSITIF, Selasa 20 Agustus 2019.

Ia menyebutkan, jenis buaya yang mucul di Painan saat ini adalah merupakan buaya muara (Crocodylus porosus), dan habitatnya biasa hidup di perairan muara dekat laut, dan populasinya banyak tersebar di seluruh perairan dataran rendah dan perairan pantai di daerah tropis seperti Pesisir Selatan.

"Diperkirakan, buaya ini datang dari ujung-ujung muara daerah sana (Pessel). Tetapi selama ini tidak terpantau," sebutnya.

Ia menjelaskan, kemunculan buaya di perairan Painan hari ini dipicu karena buangan sisa potongan hewan kurban.

"Dengan adanya itu, buaya muncul ke tengah laut Painan. Karena terpancing dengan bau-bau darah atau aroma dagingnya. Sebab, aliran sungainya sampai ke laut," jelasnya.

Kendati belum bisa melakukan penangkapan, pihaknya akan tetap memantau aktivitas buaya tersebut, dan jika terasa mengancam karena berada di kawasan pariwisata, maka pihaknya akan melakukan penangkapan.

"Keberadaannya tidak akan bertahan lama. Cuma saat ini ada pemicunya, jadi muncul secara tiba-tiba," tutupnya.

Sebelumnya, pengunjung di sekitaran Kota Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dikejutkan dengan penampakan buaya di kawasan wisata setempat.

Informasi yang diterima KLIKPOSITIF, ... Baca halaman selanjutnya