Genjot PAD, Pemko Padang Launching Tapping Box

"Aplikasi ini hanya membaca pajak yang 10 persen saja, tidak membaca rahasia perusahaan"
Sosialisasi dan penyuluhan pajak daerah di Kota Padang (Humas Pemko Padang)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Padang melalui sektor pajak sekaligus mendukung transparansi pembayaran pajak oleh setiap wajib pajak, Pemerintah Kota Padang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) melaunching penggunaan pajak online menggunakan ‘Tapping Box’ di Hotel Pangeran Beach, Selasa (20/08/2019). Dalam hal ini Bapenda didukung oleh Bank Nagari Sumatera Barat.

"Alhamdulillah, hari ini Pemerintah Kota Padang telah melaunching Tapping Box selaku aplikasi digital yang diharapkan dapat meningkatkan optimalisasi PAD. Sehingga pelayanan masyarakat diharap semakin meningkat," terang Wakil Wali Kota (wawako) Padang Hendri Septa.

Terkait penggunaan, aplikasi ini hanya merecord kegiatan demi kegiatan yang dilakukan masyarakat selama melakukan transaksi, baik dihotel, restoran atau badan usaha lain yang memang itu menjadi hak pemerintah.

“Sebagai contoh, orang menginap di hotel, otomatis terkena pajak saat melakukan pembayaran. Itulah yang direkam. Jadi, aplikasi ini hanya membaca pajak yang 10 persen saja, tidak membaca rahasia perusahaan. Jadi, jangan takut untuk memakai alat ini," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Bapenda Kota Padang Alfiadi dalam laporannya menyebutkan, setelah launching ini pihaknya juga akan mengadakan sosialisasi penggunaan aplikasi tersebut.

Adapun peserta yang hadir dikesempatan itu terdiri dari beberapa unsur wajib pajak terutama pihak hotel dan restoran, yang berjumlah lebih kurang 315 wajib pajak. (rilis)