Akhiri Kegiatan, KKN UIN IB Padang Jaling Keakraban Masyarakat Melalui Tabliqh Akbar

"Sebulan menjalani KKN di Setara Nanggalo, mereka mengaku sangat mendapat respon positif di tengah masyatakat"
Kegiatan Tabliqh Akbar KKN UIN IB di Masjid Nurul Islam Setara Nanggalo (Istimewa )

PESSEL, KLIKPOSITIF - Jalin keakraban bersama masyarakat, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Imam Bonjol Padang menggelar Tabligh Akbar bersama masyarakat di Nagari Setara Nanggalo, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Senin 19 Agustus 2019 malam.

Ketua Kelompok KKN UIN IB Padang, Igo Deru Debu mengatakan, sebulan menjalani KKN di Setara Nanggalo, sejumlah rekan-rekannya mengaku sangat mendapat respon positif di tengah masyatakat. Terutama dalam mendukung kegiatan KKN.

"Kami berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang berada di Setara Naggalo yang telah membantu kegiatan KKN kami selama ini. Tanpa kerjasama dari masyarakat serta pemuda mungkin kegiatan kami ini tak akan berjalan lancar," ungkap Igo Deru Debu kepada KLIKPOSITIF.

Selama berkegiatan KKN, mahasiswa yang ditempatkan di Setara Nanggalo berjulmlah sebanyak 21 orang. Sedikitnya, dari 21 orang tersebut, selain tinggal langsung bersama masyarakat, mereka juga telah menjadi anak angkat masyarakat setempat.

"Bahkan serasa tinggal sama orangtua sendiri. Disela-sela kegiatan inti, kami juga sering bergotong royong bersama," terangnya.

Wali Nagari Setera Naggalo, Suhaimi mengaku, sangat bangga dengan kehadiran KKN di nagari setempat. Sebab, dinilai mahasiswa KKN UIN IB, selain calon dai, juga merupakan cikal bakal ulama muda.

"Kami selaku pemerintah yang mewakili masyarakat sangat berterima kasih, dan berharap ilmu yang dibawa di sini dapat berbekas dan berguna dalam memperkokoh keilmuan masyarakat tentang agama," ujarnya.

Dalam Tabligh Akbar, KKN UIN IB menghadirkan ustad muda Pesisir Pelatan, Zarmon. Dalam tausiyah disampaikan dengan tema kesungguhan dalam mencapai ketaqwan.

"Siapa yang bersungguh-sungguh maka dia akan mendapat, dan siapa yang mampu sabar. Maka dia akan beruntung, dan siapa berjalan sesuai tuntunan maka ia akan menikmati hasilnya baik dunia maupun akhirat kelak," tutup Ustad Zarmon yang ... Baca halaman selanjutnya