Semester I 2019, Baznas Sijunjung Salurkan 500 Juta Lebih Untuk Dana Pendidikan

"Semester I tahun 2019 ini, ada 1.944 siswa kurang mampu yang disasar oleh program Sijunjung Cerdas"
Bupati Sijunjung Yuswir Arifin Saat Menyerahkan Bantuan Program Sijunjung Cerdas (Istimewa)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF -- Bupati Sijunjung Yuswir Arifin mengatakan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sijunjung, pada semester I tahun 2019, pihaknya sudah menyalurkan dana untuk pendidikan sebesar Rp545,350 juta. Hal tersebut disampaikannya, saat penyerahan bantuan kepada pelajar di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 7 Sijunjung.

Ia menambahkan, dalam penyaluran untuk keperluan pendidikan ini, lanjutnya, dinamai dengan Program Sijunjung Cerdas. Dana sebesar itu, lanjutnya, ditujukan untuk meringankan biaya pendidikan pelajar yang kurang mampu dari berbagai jenjang, yakni Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA).

"Semester I tahun 2019 ini, ada 1.944 siswa kurang mampu yang disasar oleh program Sijunjung Cerdas. Khusus untuk SMP Negeri 7 Sijunjung ini ada 59 siswa, yang masing-masing menerima Rp300 ribu," katanya, Selasa 20 Agustus 2019.

Ia berpesan, agar para siswa menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan belajar. "Sekali lagi ini untuk kepentingan pendidikan, jangan digunakan untuk hal lain-lain," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Baznas Kabupaten Sijunjung Gusman mengatakan, selain di SMP Negeri 7, pihaknya juga menyerahkan bantuan Program Sijunjung Cerdas di tiga tempat lainnya.

"Di Kecamatan Koto VII diserahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sijunjung Ramler, di Kecamatan Kupitan diserahkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Sijunjung Afrizal Taib dan di Kecamatan Sijunjung diserahkan oleh Endra Yuswir Arifin.

Gusman melanjutkan, pemberian bantuan tersebut, akan berlangsung hingga Jumat 23 Agustus 2019 mendatang. "Bantuan juga diberikan kepada siswa SD dan SMA dengan besaran Rp250 ribu dan Rp350 ribu," tuturnya.(*)