Ini yang Dilakukan Kesbangpol Payakumbuh untuk Tingkatkan Wawasan Kebangsaan ASN

Peserta otubound kebangsaan bersama Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz.
Peserta otubound kebangsaan bersama Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Jajaran Aparat Sipil Negara (ASN) Pemko Payakumbuh mengikuti outbound kebangsaan yang digelar Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Payakumbuh di eks kantor Balai Kota Bukik Sibaluik, Payakumbuh, Selasa (20/8).

Outbound kebangsaan yang dilaksanakan itu merupakan rangkaian dari peringatan HUT RI ke-74. Tujuannya adalah meningkatkan wawasan kebangsaan para ASN dan OPD daerah tersebut.

Kepala Kantor Kesbangpol Payakumbuh Budhy Dharma Permana mengatakan, menanamkan nilai-nilai wawasan kebangsaan sudah menjadi tanggung jawab Kesbangpol, baik kepada masyarakat maupun di kalangan ASN sendiri. Kondusif atau tidaknya suatu daerah sangat dipengaruhi oleh seberapa besar nilai-nilai kebangsaan masih terpatri di dalam diri masyarakat daerah tersebut.

Baca Juga

"Makanya diadakan kegiatan yang sudah kedua kalinya. Kalau tahun lalu pesertanya dari ormas, sekarang dari ASN yang berjumlah 45 orang. Perwakilan dari 31 OPD ditambah dari Kesbangpol sendiri. Harapannya bagi paserta, semoga semakin tertanam nilai kebangsaan dan semakin tumbuh jiwa kepemimpinan," tuturnya.

Sementara Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz yang membuka kegiatan tersebut mengapresiasi apa yang telah dilakukan Kesbangpol dalam dua tahun terakhir ini, ia berharap di masa yang akan datang jumlah pesertanya lebih ditingkatkan.

"Untuk kegiatan selanjutnya, kalau bisa semua pejabat eselon diikutkan kegiatan seperti ini akan menumbuhkan jiwa kepemimpinan secara baik dan terukur. Karena kepemimpinan adalah sebuah seni," ucapnya.

"Kegiatan ini penting untuk memberikan wawasan kebangsaan kepada para aparatur kita sehingga lebih bisa meresapi dan memaknai artinya kebersamaan agar kita menjadi bangsa yang kuat," ujar Erwin.

Kepada para peserta, Erwin berpesan agar bisa mengikuti kegiatan semaksimal mungkin.

"Sehingga peserta dapat memberikan contoh yang baik dan menjadi pemimpin yang mempunyai sikap disiplin dan layak dalam bertindak," katanya. (*)

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Taufik Hidayat