Jemaah Haji Gelombang ke-2 Mulai Diberangkatkan ke Madinah

"Ini adalah kloter pertama dari gelombang ke dua yang menuju Madinah"
Suasana pelepasan Sub 41 menuju kota Madinah, Rabu (21/08). (Bahauddin/MVH 20qþþ)

KLIKPOSITIF -- Jemaah haji Indonesia yang masuk dalam gelombang ke-2, mulai diberangkatkan dari Makkah menuju Madinah, Rabu (21/08) pagi. 449 jemaah asal Kabupaten Nganjuk dan Surabaya yang tergabung dalam kloter 41 embarkasi Surabaya (SUB-41), jadi rombongan pertama yang diberangkatkan dari kota kelahiran nabi ini. 

"Ini adalah kloter pertama dari gelombang ke dua  yang menuju Madinah, untuk berada selama delapan hari atau selama 40 waktu salat berjamaah," kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah saat melepas kloter SUB 41, di Kawasan Mahbas Jin, Mekkah, yang dikutip dari kemenag.go.id.

Nizar, dalam kesempatan tersebut berpesan kepada jemaah agar dapat menjaga kondisi tubuh selama melaksanakan ibadah di tanah suci, termasuk di Madinah. Utamanya saat harus mengantre masuk ke dalam raudhah. 

"Karena harus antre, jadi kondisi fisiknya kan harus bagus," kata Dirjen Nizar. 

Berdasarkan data yang dirilis Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama pada Selasa, 20 Agustus 2019 pukul 19.00 waktu Arab Saudi, tercatat lebih dari 20 ribu jemaah haji telah meninggalkan Kota Mekkah. 

Dalam data tersebut disampaikan sebanyak 63 kelompok terbang (kloter) yang membawa 26.081 jemaah dan petugas telah diberangkatkan dari Makkah menuju Jeddah.

"Selanjutnya, sebanyak 22.388 orang jemaah di antaranya telah diberangkatkan ke Tanah Air. Hingga pukul tujuh malam kemarin, total ada 54 kloter yang sudah diterbangkan dari Bandara King Abdul Aziz,Jeddah menuju tanah air," terang Kepala Daerah Kerja Makkah Subhan Cholid, Selasa (20/08) malam.

Sama seperti tahun sebelumnya, jemaah haji Indonesia diangkut menuju tanah air oleh dua maskapai, Garuda Indonesia Airlines (GIA) dan Saudi Arabia Airlines (SV). Untuk jemaah yang masuk gelombang I ini penerbangan dilakukan melalui Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. (*)