Amazon Terbakar: Brasil Laporkan Lonjakan Kebakaran Hutan

Citra satelit menemukan lebih dari 9.500 kebakaran hutan baru sejak Kamis saja, sebagian besar di lembah Amazon
Citra satelit menemukan lebih dari 9.500 kebakaran hutan baru sejak Kamis saja, sebagian besar di lembah Amazon (Bruno Kelly / Reuters)

KLIKPOSITIF - Kebakaran yang berkobar di hutan hujan Amazon Brazil telah mencapai rekor tertinggi tahun ini. Menurut data baru dari badan penelitian antariksa negara itu, kekhawatiran tumbuh atas manajemen lingkungan Presiden Jair Bolsonaro.

Hampir 73.000 kebakaran dicatat antara Januari dan Agustus, dibandingkan dengan 39.759 di seluruh 2018, kata National Institute for Space Research (INPE), Senin (19/8). Lonjakan ini menandai kenaikan 83 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu dan merupakan yang tertinggi sejak catatan INPE dimulai pada 2013.

Citra satelit menemukan lebih dari 9.500 kebakaran hutan baru sejak Kamis (22/8). Sebagian besar di lembah Amazon, rumah bagi hutan tropis terbesar di dunia dan dipandang sangat penting untuk memperlambat laju pemanasan global.

Baca Juga

Gambar menunjukkan negara bagian paling utara Roraima tertutup asap gelap, sementara Amazonas yang berdekatan mendeklarasikan keadaan darurat di selatan negara bagian itu dan di ibukotanya, Manaus, atas api. Acre, di perbatasan dengan Peru, telah waspada terhadap lingkungan sejak Jumat (16/8) karena kebakaran.

Pemadaman siang hari Senin (19/8) di Sao Paulo disebabkan oleh asap yang dibawa oleh angin kencang dari kebakaran hutan di Amazonas dan negara bagian Rondonia, lebih dari 2.700 km jauhnya, mendorong puluhan ribu orang untuk naik ke media sosial dan menyuarakan keprihatinan mereka terhadap kesejahteraan hutan hujan Amazon.

Tagar #prayforamazonia kemudian menjadi tren Twitter global, dengan beberapa komentator mengkritik Bolsonaro karena tidak berbuat cukup untuk melindungi lingkungan.

Menyalakan Amazon

Lonjakan kebakaran yang belum pernah terjadi sebelumnya telah terjadi sejak Bolsonaro menjabat pada Januari dengan janji untuk mengembangkan wilayah Amazon untuk pertanian dan pertambangan, mengabaikan kekhawatiran internasional atas meningkatnya deforestasi.

Kebakaran hutan sering terjadi pada musim kemarau di Brasil, yang berakhir pada akhir Oktober atau awal November, tetapi mereka juga secara sengaja memulai upaya untuk menebangi hutan secara ilegal untuk peternakan. INPE mengatakan sejumlah besar kebakaran hutan tidak dapat dikaitkan dengan musim kemarau atau fenomena alam saja.

Sumber: Aljazeera

Penulis: Fitria Marlina