Masjid Raya Sumbar Sediakan 4 Kursi Roda untuk Disabilitas

"Sekarang sudah ada 4 kursi roda sudah disiapkan untuk teman-teman kita yang disabilitas"
Disabilitas di Masjid Raya Sumbar (Boboy (penyandang disabilitas) for KLIKPOSITIF )

PADANG, KLIKPOSITIF - Kini, Masjid Raya Sumbar menyediakan 4 kursi roda untuk disabilitas agar bisa beribadah di Masjid tersebut.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit usai Rapat Terkait Permasalahan Pemakaian Fasilitas Umum di Masjid Raya Sumbar, Kamis, 22 Agustus 2019.

"Sekarang sudah ada 4 kursi roda sudah disiapkan untuk teman-teman kita yang disabilitas," ujarnya.

Penyediaan kursi roda oleh pengurus Masjid atas permintaan komunitas disabilitas di Kota Padang agar ramah disabilitas, sebab beberapa orang dari mereka pernah mengalami penolakan membawa kursi roda ke dalam Masjid beberapa waktu lalu.

Nasrul Abit menyampaikan, sesuai kesepakatan penggunaan kursi roda di dalam Masjid tidak menginjak karpet sebab pemeliharaan karpet agar susah. Pengurus menyiapkan tempat khusus diarah pinggir ruang Masjid bagi pengguna kursi roda.

"Jadi bagi disabilitas jangan merasa takut datang ke Masjid, insiden penolakan dulu adalah miskomunikasi. Satpam yang ditempatkan juga orang yang ramah," klaimnya.

Selain kursi roda, juga disiapkan pemandu bagi disabilitas untuk bisa sampai ke dalam Masjid. Dia berharap semua pihak menjaga keamanan, kenyamanan dan ketentraman di Masjid tersebut sebab selain menjadi ikon pariwisata, Masjid merupakan tempat ibadah yang sakral.

"Siapapun boleh datang ke Masjid ini dan terbuka untuk umum, tapi tentu harus sesuai norma yang berlaku. Bule saja datang kesini, tapi disediakan kain sarung dan selendang oleh pengurus," katanya.

Sementara itu terkait pemandu disabilitas, Kepala Bagian (Kabag) Agama Biro Bina Mental dan Kesra Sumbar Jumadi menyampaikan, akan menyediakan secara bertahap. Dalam waktu dekat pihaknya akan memberdayakan Satpol PP, Satpam dan petugas kebersihan sebagai pemandu.

"Nanti akan kami latih tenaga yang ada ini, secara bertahap akan kami siapkan pemandu khusus," ujarnya. (*)