UAS Dilaporkan, Ini Kata Dosen UIN Iman Bonjol Padang

"Soal keyakinan, akidah, dan kepercayaan, merupakan ruang privat internal masing-masing agama yang tidak bisa diintervensi oleh siapapun"
Dosen Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Dilaporkannya Ustad Abdul Somad (UAS) oleh sejumlah kelompok, terkait pernyataannya dalam sebuah ceramah yang kemudian viral dan membuat sebagian kalangan angkat bicara.

Dosen Fakultas Syariah Universitas Islam Indonesia (UIN) Imam Bonjol Padang, Aidil Aulya mengatakan, pernyataan UAS merupakan bentuk keyakinan dari interpretasi agama yang dia pahami.

"Soal keyakinan, akidah, dan kepercayaan, merupakan ruang privat internal masing-masing agama yang tidak bisa diintervensi oleh siapapun," katanya melalui pesan WhatsApp, Kamis 22 Agustus 2019.

Ia berpendapat, agar persoalan tersebut bisa didialogkan bisa menjadi pelajaran bersama.

"Namun demikian, kita juga perlu untuk menghimbau seluruh pemuka agama di Indonesia dapat memberi pelajaran mengenai toleransi," jelasnya.

Aidil Aulya juga berharap kedepannya, jika kebiasaan lapor melaporkan ke polisi di lestarikan, ia khawatir akan berujung buruk bagi persatuan bangsa.

"Kasus-kasus seperti ini akan selalu ada persoalan, akidah punya ruang keyakinannya sendiri yang bersifat eksklusif. Hanya kearifan yang bisa menjadikan kita inklusif," tuturnya.

Diketahui, hingga kini sudah empat kelompok yang melaporkan UAS ke polisi terkait ceramahnya yang dianggap termasuk kasus ujaran kebencian.

UAS dilaporkan ke Markas Kepolisian Resor Sikka di Nusa Tenggara Timur atau NTT oleh Forum Komunikasi Alumni (Forkoma) PMKRI dan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Maumere pada Sabtu (17/8/2019).

Kemudian dilaporkan oleh Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Bareskrim Mabes Polri pada Senin (19/8/2019).

Dan terakhir kelompok dari Horas Bangso Batak (HBB) juga melaporkan UAS ke Polda Metro Jaya. Laporan itu teregister dalam nomor laporan polisi LP/5087/VIII/2019/PMJ/Dit. Reskrimsus.(*)