BKSDA Pessel Minta Warga Tidak Mengusik Keberadaan Buaya di Perairan Batu Tembak

Penampakan buaya di Painan manarik simpati masyarakat dan pengujung menyaksikannya
Penampakan buaya di Painan manarik simpati masyarakat dan pengujung menyaksikannya (Ist)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat meminta pengunjung dan warga yang menyaksikan penampakan buaya di seiktar kawasan wisata Painan untuk tidak mengusik keberadaannya.

Kepala BKSDA Resor Pesisir Selatan, Bilmar mengungkapkan, sejak awal penampakan buaya ini, hingga siang Kamis (22/8) pihaknya masih melakukan observasi dan memantau kemunculan buaya tersebut. Namun, sampai siang tadi, biaya tidak terlihat.

"Dari sore kemaren sampai siang ini. Kami dari petugas tidak lagi menyaksikan adanya kemunculan buaya tersebut. Jadi seperti informasi dan analisa sebelumnya. Ada kemungkinan buaya ini sedang berimigrasi," ungkap Bilmar kepada KLIKPOSITIF.

Baca Juga

Ia menjelaskan, sejauh ini masih tetap memantau dan melakukan observasi terhadap buaya dan meminta bagi pengujung dan warga yang merasa tertarik menyaksikan jangan mengganggu.

"Sebab itu, akan menimbulkan instingnya anti dengan manusia. Dia punya instinya terhadap apa saja yang ada disekitarnya. Kita sebagai manusia, sebagai masyarakat harus arif terhadap hal ini," jelasnya.

Menurutnya, sejauh buaya tersebut tidak merasa terusik, dikatakan buaya tersebut tidak akan mengancam.

"Jadi karena masyarakat Painan tidak terbiasa melihat ini. Tapi, yang namanya satwa liar itu, selagi mereka tidak diganggu, insyalaah dia tidak akan mengganggu," terangnya.

Lanjutnya, sampai saat ini, pihaknya belum bisa memutuskan untuk melakukan evakuasi. Sebab, buaya tersebut jelas datangnya dari mana dan belum mengganggu warga sekitar.

"Upaya evakuasi adalah upaya terakhir. Sebab, yang namanya upaya konservasi adalah penyelamatan. Jadi selagi buaya itu tidak menggangu, kami minta masyarakat sendiri yang lebih arif," tutupnya.

Informasi yang diterima KLIKPOSITIF, penampakan buaya ini terpantau sejak satu minggu belakangan ini, tepatnya di perairan Batu Tembak, Nagari Painan Selatan dengan ukuran sekitar 5 meter.

BKSDA, menyebut buaya yang muncul di Painan saat ini adalah merupakan buaya muara (Crocodylus porosus), dan habitatnya biasa hidup di perairan muara dekat laut, dan populasinya paling banyak tersebar di seluruh perairan dataran rendah dan perairan pantai di daerah tropis, seperti Pesisir Selatan.

(Kiki Julnasri)

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Rezka Delpiera