Empat Prodi di UNP akan Akreditasi Internasional AUN-QA, Apa Keuntungannya?

Kampus UNP Padang
Kampus UNP Padang (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Empat program studi (prodi) di Universitas Negeri Padang ( UNP ) tak lama lagi memperoleh akreditasi bertaraf internasional dari AUN-QA (Asean University Network-Quality Assurance).

Masing-masing Prodi itu, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Kimia, Manajemen, dan Pendidikan Teknik Elektro. Delapan orang assessor telah berkunjung untuk melakukan validasi data, melihat langsung sarana dan prasarana.

baca juga: UNP Buka Prodi Animasi dan Sistem Informatika Tahun Ini

Ketua Tim alAssessor, Thuyen Van Ngo mengatakan, akreditasi dari AUN-QA ini tidak sekadar meningkatkan kualitas UNP di regional ASEAN, melainkan juga mendongkrak reputasi UNP secara internasional. Dia menjelaskan, dari hasil kunjungan, ada beberapa evaluasi yang disampaikan. Nantinya, evaluasi itu disusun secara detail, kemudian disampaikan kembali pada UNP untuk segera diperbaiki.

"Selanjutnya, dalam waktu satu hingga dua bulan ke depan, sertifikat akreditasi untuk 4 prodi UNP diterbitkan. Setelah kunjungan ini, kami akan menyerahkan laporan penilaian. Hasilnya satu atau dua bulan," ungkap Thuyen, Jumat, 23 Agustus 2019.

baca juga: Guru Besar BK UNP Alizamar Meninggal Dunia

Thuyen menambahkan, sertifikat akreditasi mempunyai masa berlaku 5 tahun. Setelah itu, universitas bersangkutan harus mendaftar kembali untuk mendapat akreditasi dimaksud. Semangatnya bukan sekadar memberikan atau mendapat sertifikat akreditasi, tapi lebih untuk peningkatan program studi

"Dengan adanya akreditasi internasional ini, bukannya hanya untuk mendapatkan sertifikat tapi bagaimana semangat untuk meningkatkan kualitas ( UNP , red). Setelah itu akan diberikan detail ke empat program studi sehingga bisa memperbaiki kualitas UNP ," kata Thuyen.

baca juga: Ganefri Kembali Terpilih jadi Rektor UNP Periode 2020-2024

Sementara itu, Rektor UNP , Ganefri mengatakan, hasil evaluasi dari tim asesor pasti ditindaklanjuti dengan pembenahan secara cepat. Apalagi, evaluasi yang disampaikan tidak terkait substansi. Dia menjelaskan, setelah 4 prodi di UNP menerima sertifikat akreditasi regional Asean AUN-QA, tahun depan kembali diajukan 4 prodi lagi untuk berjuang mendapat akreditasi serupa.

"Jadwal baru akan ada 4 prodi dikunjungi tim asesor pada Desember 2020 mendatang. Prodi Perhotelan, PPKN, Bimbingan Konseling, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Secara bertahap kita ajukan akreditasi, perjuangan ini sudah dilakukan 2 tahun belakangan," beber Ganefri.

baca juga: UNP Bagikan Seribu Paket Bantuan untuk Mahasiswa

Ganefri menambahkan, menuju internasionalisasi kemampuan bahasa inggris dosen dan mahasiswa di UNP akan terus ditingkatkan. Apalagi, di tahun mendatang prodi eksak di UNP juga akan diajukan mendapat akreditasi internasional dari Jerman.

"Biasanya setelah ini (penilaian tim asesor, red) satu bulan hasilnya keluar. UNP akan menuju internasionalisasi jadi kemampuan bahasa inggris dosen dan mahasiswa harus ditingkatkan, insyaallah UNP akan raih akreditasi internasional," tukasnya.

Untuk diketahui, AUN ialah suatu organisasi tingkat ASEAN yang bergerak di bidang penguatan kerjasama pendidikan tinggi antar negara ASEAN. Sedangkan AUN QA merupakan salah satu kegiatan sertifikasi yang dilakukan oleh AUN dalam melakukan penjaminan mutu prodi universitas yang menjadi anggotanya.

Sertifikasi ini diperoleh dengan mengajukan prodi yang mampu ke AUN, kemudian pihak prodi yang mempersiapkan segala unsur yang akan dinilai assessor AUN QA. Seperti pembuatan laporan penilaian pada prodi melalui Self Assessment Report (SAR). Setelah itu, tim assessor AUN QA akan mengecek langsung kondisi prodi sebagaimana yang telah dituliskan dalam SAR. (*) 

Penulis: Joni Abdul Kasir