DPR: Sebagai Proses Hukum Eksekusi Mati Harus Dijalankan

"Jika tidak ada novum (bukti baru untuk diajukan dalam PK) hukuman tersebut tidak bisa diubah"
Ketua DPR RI Ade Komarudin (net)

KLIKPOSITIF - Ketua DPR Ade Komarudin eksekusi mati harus tetap dijalankan meski mengatakan meski masyarakat mulai berpolemik.

Dia mengaku turut memantau detik-detik eksekusi melalui televisi dan melihat bahwa eksekusi di lapangan terkendala cuaca. "Bila tidak ada novum (bukti baru untuk diajukan dalam PK) hukuman tersebut tidak bisa diubah. Harus tetap dieksekusi," katanya di Kompleks Parlemen, Jumat, 29 Juli 2016.

Sebelumnya BJ Habibie menyurati Presiden Joko Widodo agar meninjau kembali keputusan eksekusi mati terhadap Terpidana mati asal Pakistan Zulfikar Ali. Adapun Zulfikar hingga saat ini belum dieksekusi mati.

Ade menilai hal yang dilakukan Habibie sah-sah saja dan pendapat semua orang harus dihargai. Dia berpendapat Indonesia negara hukum. Negara hukum harus menjalankan penegakan hukum seadil-adilnya.

Freddy Budiman asal Indonesia, Seck Osmane (Nigeria), Michael Titus Igweh (Nigeria), dan Humphrey Ejike (Nigeria) adalah empat terpidana mati yang telah dieksekusi di pulau Nusakambangan pada Jumat dini hari. Mereka adalah terpidana kasus narkotika.