12 Ribu Anak di Pasbar Belum Miliki KIA, Ini Penjelasannya

"Yang memiliki KIA hingga saat ini hanya sekitar 20 persen dari 15 ribu lebih jumlah anak yang tercatat"
Kabid Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Pasaman Barat, Renita (KLIKPOSITIF/Irfan Pasaribu)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mencatat ada sekitar 12 ribu anak belum memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) di daerah itu.

"Yang memiliki KIA hingga saat ini hanya sekitar 20 persen dari 15 ribu lebih jumlah anak yang tercatat," kata Kabid Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Pasbar, Renita kepada KLIKPOSITIF,Jumat (23/8) di ruang kerjanya. 

Ia mengatakan, sekitar tiga ribuan anak di Pasbar sudah memiliki KIA sejak tahun 2017 hingga sekarang. Itu pun bukan secara merata di Pasbar, karena di prioritaskan terlebih dahulu di Kecamatan Pasaman sejak diluncurkan kartu itu.

Kebanyakan anak yang mendapat kartu itu berdasarkan pendataan yang dilakukan di sekolah-sekolah. Tetapi secara data anak yang menerima KIA di Kecamatan Pasaman, mulai dari usia anak 1 hingga 12 tahun.

Sedangkan yang seyogyanya, anak penerima KIA ini mulai dari umur 1 hari sampai 17 tahun kurang sehari. Namun karena belum di fokuskan, maka pendataan untuk penerima kartu itu belum secara maksimal sehingga terjadi seperti itu.

Meski didahulukan di Kecataman Pasaman, namun beberapa anak di daerah Kecamatan lain sudah memiliki kartu itu. Akan tetapi yang sudah memiliki kartu, karena kebutuhan dan persyaratan saat masuk sekolah di luar Pasbar.

"Kita akan cetak, jika sangat mendesak untuk keperluan sekolah. Meski menggunakan tinta cetak E-KTP," ungkapnya.

Sementara, secara harga dan peruntukan memang sudah berbeda kualitas. Harga tinta cetak KIA dan tinta cetak E-KTP memang berbeda. Sedangkan tinta cetak E-KTP lebih mahal dibandingkan dengan tinta cetak KIA.

"Untuk itu terpaksa kita harus menunggu anggaran terlebih dulu. Anggaran sudah diajukan untuk pembelian tinta cetak KIA dan itu sudah disetujui," terangnya.

Nantinya setelah adanya tinta, seluruh anak dari usia 1 hari hingga 17 tahun kurang sehari, akan menerima kartu  ... Baca halaman selanjutnya