Jualan di Trotoar, Pedagang di Ganting Padang Ditertibkan Satpol PP

"Penertiban dan pengawasan itu merupakan penegakan Perda nomor 11 tahun 2005"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Padang menertibkan sejumlah pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Ganting, Kota Padang - Sumbar, Jumat 23 Agustus 2019.

PKL yang ditertibkan tersebut karena menggunakan fasilitas umum, seperti trotoar dan badan jalan di kawasan tersebut.

Pengawasan ataupun penertiban kali itu merupakan penataan dan pembenahan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Padang.

"Sangat disayangkan, kesadaran masyarakat masih kurang. Jelas sekali kita lihat, Pemko sedang gencar-gencarnya membenahi jalan dan trotoar di Padang, malah oknum masyarakat yang sudah terbiasa menggunakan trotoar sebagai tempat berjualan," ujar Kasat Pol PP Padang, Al Amin.

Ia mengatakan, ‎penertiban dan pengawasan itu merupakan penegakan Perda nomor 11 tahun 2005, petugas bertindak secara persuasif dan mengutamakan mediasi serta memberikan pemahaman terhadap masyarakat yang melanggar.

"Untuk hari ini kita masih melakukan tindakan secara persuasif dan memberikan surat teguran. Namun ada satu PKL terpaksa kita amankan, karena dia main kucing-kucingan dengan petugas," lanjutnya.

Menurutnya PKL yang menggunakan trotoar atau badan jalan untuk berjualan tersebut, jelas melanggar Perda nomor 11 tahun 2005 tentang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

Pihaknya berharap PKL yang sudah ditegur, untuk mematuhi peraturan yang sudah ada.

"Kami sangat berharap PKL yang melanggar agar mengikuti aturan yang sudah ada. Jangan biarkan kami bertindak tegas, mari kita salng menjaga demi kota ini," tutupnya.

[Halbert Caniago]