Sepanjang 24 Agustus 2019, Gunung Ibu di Maluku Utara Meletus123 Kali

"Gunung Ibu juga mengalami 128 kali gempa hembusan, 22 kali gempa Guguran, dan 82 kali Tremor Harmonik"
Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara meletus, Sabtu (12/1/2019) sore (Dok BNPB)

KLIKPOSITIF -- Sepanjang Sabtu 24 Agustus 2019, sejumlah gunung api di kawasan Indonesia mengalami letusan (erupsi).

Dari laporan kebencanaan geologi yang dimuat di laman esdm.go.id, letusan terbanyak dialami oleh Gunung Ibu di Maluku Utara. Sepanjang Sabtu 24 Agustus 2019, Gunung Ibu meletus sebanyak 123 kali.

Dari Sabtu kemarin hingga Minggu pagi ini, visual gunungapi Ibu tampak jelas hingga tertutup kabut. Teramati asap kawah utama dengan ketinggian maksimum 800 meter dari atas puncak, bertekanan lemah hingga sedang dengan warna putih-kelabu dan intensitas tipis, sedang, tebal.

Selain mengalami gempa letusan, Gunung Ibu juga mengalami 128 kali gempa hembusan, 22 kali gempa Guguran, dan 82 kali Tremor Harmonik.

Dengan status yang masih waspada, masyarakat serta pengunjung dan wisatawan agar tidak beraktivitas, mendaki, dan mendekati Gunung Ibu di dalam radius 2 kilometer, dan perluasan sektoral berjarak 3,5 kilometer ke arah bukaan di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

Selain Gunung Ibu, Gunung Anak Krakatau juga mengalami letusan. Sepanjang Sabtu 24 Agustus 2019 tercatat Gunung AnakKrakatau mengalami 10 kali gempa letusan. Letusan tersebut teramati dengan ketinggian 100 - 300 meter dari atas puncak dengan warna asap putih, kelabu, dan hitam.

Selain mengalami gempa letusan, juga terjadi gempa tremor secara terus menerus dengan amplitude dominan 25 mm.

Saat ini Gunung Anak Krakatau masih berstatus waspada (level II). Dalam status ini, masyarakat/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 kilometer dari kawah. (*)