Isu Pengeboman saat 17 Agustus di Sumbar, Kapolda: Tak Ada

"Masyarakat Sumatera Barat adalah masyarakat yang mencintai tanah kelahiran"
Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sepekan sudah perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74, namun isu pengeboman beberapa lokasi di Sumatera Barat yang digadangkan pada awal bulan lalu tidak terjadi.

Daerah yang terkenal dengan 'Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah' ini masih aman tanpa satupun gejolak. Isu yang digadangkan itu hanya isapan jempol belaka dan Sumatera Barat sempat digegerkan dengan apa yang diumumkan oleh Markas Besar Kepolisian (Mabes Polri) itu.

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal mengatakan, pihaknya memastikan bahwa Sumatera Barat aman. Dia mengatakan, masyarakat Sumatera Barat tidak mungkin untuk melakukan aksi yang merugikan di kampung halamannya sendiri, karena kecintaan terhadap tanah kelahiran.

"Tidak ada gejolak seperti yang diisukan sebelumnya itu, Sumbar aman," ujarnya saat ditemui akhir pekan lalu.

Sebelumnya, Ranah Minang sempat dihebohkan dengan akan diadakannya pengeboman di tujuh titik di Sumatera Barat seperti yang dirilis oleh Mabes Polri pasca penangkapan seorang terduga teroris pada akhir Juli lalu.

Pengeboman yang diisukan akan dilakukan diantaranya di Mapolda Sumbar, Mapolresta Padang dan beberapa Mapolres dan Pos Kepolisian lainnya. Dengan begitu, jaminan yang dibicarakan oleh Kapolda Sumbar saat mendengar isu tersebut terbukti dan apa yang disampaikan oleh Mabes Polri tidak terbukti.

[Halbert Caniago]