Sempat Mati Suri, Gedung Promosi Kabupaten Solok Kembali Dikembangkan

"Secara fasilitas, gedung promosi kabupaten Solok yang diresmikan tahun 2017 itu cukup lengkap"
Kadis Koperindag dan UMKM kab. Solok Eva Nasri saat meninjau persiapan Coffe Shop di gedung promosi di Selayo. (KLIKPOSITIF/Syafriadi)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Keberadaan gedung promosi pusat oleh oleh khas Kabupaten Solok di kawasan Bypass Selayo yang sempat mati suri kini kembali mulai dihidupkan Pemerintah Kabupaten Solok.

Pemanfaatan dan pengelolaan sebagian gedung nyaris jadi bangunan tak bertuan itu dikerjakan bersama pihak ketiga yang bakal membuka usaha Coffe Shop. "Sejauh ini masih dalam tahap persiapan, mungkin dalam waktu dekat sudah mulai beroperasi," sebut Eva Nasri, Selasa (26/8).

Menurutnya, dengan adanya kerjasama dengan pihak ketiga menjadi salah satu cara untuk bisa kembali menghidupkan pusat oleh-oleh khas kabupaten Solok tersebut. "Kalau Coffe Shop-nya sudah berjalan, nanti akan banyak orang yang akan datang berkunjung dan pusat oleh-oleh yang ada di sebelah Coffe Shop akan kembali kita maksimalkan," terangnya.

Ditinjau dari letak lokasinya, gedung promosi yang persis berada di Bypass Selayo memang sangat strategis untuk menjadi pusat oleh-oleh. Saban hari selalu ramai orang lalu lalang. Apalagi, kawasan tersebut sudah lama menjadi terminal bayangan angkutan umum jurusan Padang-Solok, baik bus dan travel menunggu penumpang di kawasan ini.

"Kita mencoba kembali menggarap potensi ini untuk menghidupkan pusat oleh-oleh Kabupaten Solok dengan menambah item yang bisa menarik orang untuk datang," paparnya.

Secara fasilitas, gedung promosi Kabupaten Solok yang diresmikan tahun 2017 itu cukup lengkap. Ada musala, ruang pertemuan, toilet dan mesin ATM. "Kalau Coffe Shop sudah mulai beroperasi, kita akan kembali isi ruang oleh-oleh dengan produk UMKM Kabupaten Solok, jadi bisa sejalan," tutupnya.

Gedung promosi Kabupaten Solok yang resmi beroperasi sejak 2017 lalu sejatinya menjadi harapan seluruh pelaku UMKM untuk bisa memasarkan produknya.

[Syafriadi]