Prediksi BMKG, Sebagian Wilayah Sumbar Diguyur Hujan Tiga Hari Kedepan

Hujan di Wilayah Pesisir Selatan/KLIKPOSITIF
Hujan di Wilayah Pesisir Selatan/KLIKPOSITIF (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) memprediksi sebagian wilayah di Sumatera Barat (Sumbar) berpotensi diguyur hujan hingga tiga hari kedepan.

Hal itu bertolak belakang dengan prediksi BMKG sebelumnya, musim panas akan berlangsung lama karena adanya keterlambatan pergeseran wilayah Inter Tropical Convergence Zone (ITCZ) ke Arah Selatan dari normalnya.

baca juga: Pagi-pagi Gempa Guncang Mentawai, Ini Penjelasan BMKG

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun BIM, Yudha Nugraha mengatakan, cuaca di wilayah Sumbar beberapa hari ke depan akan dimulai dengan berawan pada pagi hari, disusul hujan ringan pada siang hari, kemudian kembali berawan di malam hingga dini hari.

Hal ini disebabkan munculnya aktivitas gelombang atmosfer Madden Julian Oscillation (MJO). MJO dapat menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan yang cukup signifikan di wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

baca juga: Selain Dinihari Tadi, Empat Dentuman Misterius Ini Sempat Gegerkan Indonesia

"Begitu juga di Sumbar, ada potensi hujan ringan tiga hari ke depan," kata Yudha, Selasa (27/8).

Namun, tiap daerah di wilayah Sumbar beragam kondisi cuacanya karena faktor geografis dan topografis. Seperti, wilayah Pasaman Barat, Agam, Pasaman, Bukitinggi lebih tinggi curah hujannya dibandingkan wilayah Limapuluh Kota, Payakumbuh, Padang Panjang, Padang, serta Solok.

baca juga: BMKG Jelaskan Hal Ini Terkait Erupsi Gunung Anak Krakatau

Informasi terbaru dari BMKG Minangkabau (pukul 17.00 WIB) masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah kepulauan Mentawai di daerah (Siberut), Pasaman Barat (Ranah Bantahan, Lembah Melintang Koto Balingka, Gunung Tuleh, Sungai Aur, Pasaman, Ranah Pasisie, Luhak Nan Duo, Kinali ), Agam (Tanjung Mutiara, Lubuk Basung, IV Nagari ).

Kemudian di Kabupaten Padang Pariaman (Aur Malintang, Batang Gasan, Sungai Geringging, Sungai Limau, V Koto Kampung Dalam, V Koto Timur, Sungai Sarik, IV Lingkung, Sintuk Toboh Gadang, Nan Sabaris, Tapakis), Pariaman, Solok ( IX Koto Sungai Lasi, Kubung, Gunung Talang, Bukit Sundi, Payung Sekaki, Lembang Jaya, Danau Kembar ).

baca juga: Beredar Info Ada Angin Utara Menuju Selatan yang Membawa Wabah Penyakit, BMKG: Hoax

Selanjutnya, Pesisir Selatan (Batang Kapas, Sutera, Lengayang, Ranah Pesisir, Linggo Sari Baganti, dan Pancung Soal) serta dapat meluas Kota Padang dan sekitarnya. Kondisi ini diprakirakan akan berlangsung hingga pukul 19.30 WIB. (*)

Penulis: Joni Abdul Kasir