Kawasan Batang Arau Terus Bersolek, Pembangunan Didukung Masyarakat

"Selain peningkatan kualitas kawasan, pemerintah juga bertujuan menjadikan kawasan Batang Arau sebagai pelabuhan Marina yang menjadi objek wisata baru"
Pembangunan pedestrian kawasan Batang Arau (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Upaya pemerintah dalam peningkatan kawasan permukiman kumuh Kawasan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang semakin terlihat.

Setelah sebelumnya melakukan pembangunan pedestrian dengan mempercantik kawasan melalui pembangunan pedestrian arah gunung Padang, kini dilanjutkan ke arah Seberang Padang. 

Pembangunan awal menelan biaya hampir Rp25 miliar dari APBN. Kini, proyek tersebut dilanjutkan dengan anggaran lebih kurang Rp14 miliar. Dana sebanyak itu akan digunakan untuk pembangunan kawasan pedestrian bibir sungai lebih kurang sepanjang 1,6 kilometer arah ke Seberang Padang.

Selain peningkatan kualitas kawasan, pemerintah juga bertujuan menjadikan kawasan Batang Arau sebagai pelabuhan Marina yang menjadi objek wisata baru.

Pembangunan mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat setempat, sebab mereka menginginkan kawasan tersebut bagus. Selain itu mereka akan manfaat merasakan sendiri manfaat dari pembangunan kawasan kumuh tersebut menjadi tujuan wisata yang "tercelak".

Artul sebagai pelaksana dari PT. Fikri Bangun Perdana Jo mengatakan, selain mendapat dukungan dari masyarakat setempat, juga didukung oleh Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumbar Syafriyanti, Satker atas nama Veri dan Ketua PKK Zulherman serta Pemerintah Kota Padang.

Dia mengaku, pengerjaan lanjutan mendapatkan respon positif dari masyarakat dibandingkan pembangunan awal arah ke gunung Padang.

Dijelaskannya, pengerjaan akan berjalan selama 170 hari kerja dan sudah sebulan jalan dengan realisasi mencapai 20 persen. Sebagai bentuk dukungan dari masyarakat, kedepan akan dilakukan pembongkaran terhadap masjid dan sekolah.

"Jadi ada bagian yang agak sempit dan sempet dengan rumah masyarakat dan fasilitas umum. Tentu rumah harus mundur sehingga pembangunan berjalan lancar dan pedestrian bagus, nanti kan masyarakat juga yang akan menikmati ... Baca halaman selanjutnya