Masalah Ketenagakerjaan, Wako Pariaman Konsultasi ke Kemenaker

(Ist)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Walikota Pariaman, Genius Umar melakukan kunjungan dan konsultasi masalah ketenagakerjaan yang ada di daerah Pariaman ke Kantor Kementerian Ketenagakerjaan RI di Jakarta, Kamis (29/8)

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan RI, M.Hanif Dhakiri di ruang kerja Menaker RI

Genius Umar menjelaskan bahwa Kota Pariaman dalam periode ini berkomitmen untuk membangun SDM yang unggul dan produktif salah satunya melalui program satu keluarga satu sarjana.

Baca Juga

"Pemerintah Kota Pariaman dalam hal ini menjamin pendidikan anak usia sekolah sampai SMA dan bahkan memberikan beasiswa sampai tingkat perguruan tinggi khususnya pendidikan vokasional, diharapkan generasi muda ini disiapkan untuk tenaga kerja yang handal dan produktif." Ujar Genius.

M.Hanif Dhakiri mengapresiasi program yg dicetus oleh walikota dan merupakan suatu inovasi daerah dalam menyiapkan tenaga kerja dan SDM di daerah sehingga akan mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan produktivitas.

Hanif Dhakiri juga memberikan arahan terkait strategi dalam pencapaian visi misi daerah, beliau menyampaikan ada dua model untuk mengeksekusi program kerja.

Menaker RI mengatakan "Pertama, agar strategi berjalan cepat dimana program kerja harus disusun secara matang dan dieksekusi dengan cepat bahkan kalau perlu melibatkan pihak-pihak diluar birokrasi dengan tujuan target yang yang telah ditetapkan tercapai walaupun dengan melakukan perubahan yang drastis."

"Kedua berjalan lama, dimana kepala daerah bergerak secara perlahan melibatkan birokrasi yang ada walaupun tingkat pencapaian target kinerja lambat, Namun kondisi akan memberikan loyalitas dari birokrasi yang tinggi".Ungkapnya

Dari dua teori tersebut Menteri menyarankan utk eksekusi yang ideal adalah gabungan kedua strategi tersebut yaitu dalam menyusun perencanaan menggunakan strategi yg cepat tapi pelaksanaan programnya juga memperhatikan keterlibatan birokrasi dalam koridor budaya kerja yg diinginkan.

Pada kesempatan tersebut Menaker RI mengalokasikan 10 program peningkatan infrastruktur desa dengan mekanisme padat karya untuk tahun ini.

"Semoga program ini bisa dimanfaatkan untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat dan mengurangi angka pengangguran di daerah." Ujarnya.

Menteri Ketenagakerjaan ini juga berjanji untuk datang ke Kota Pariaman untuk meninjau program yang dialokasi untuk Pemko Pariaman.

"Saya nanti akan ikut bersepeda di Kota Pariaman di samping berolahraga juga mengecek progres program infrastruktur padat karya yang akan diluncurkan bulan depan tersebut."Imbuhnya mengakhiri. (Rehasa)

Editor: Eko Fajri