Awalnya Ingin Ikut Challange, Para Pemuda Ini Malah Buat Gerakan Peduli Lingkungan

"Gerakan ini ingin menyatukan setiap anak muda yang memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan"
Aksi bersih-bersih pantai yang dilakukan 'PIPIS' di kawasan Pantai Air Manis Padang (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Merasa prihatin akan banyaknya sampah dan orang yang membuang sampah sembarangan, empat pemuda yang berdomisili di Padang ini lakukan sebuah gerakan yang patut dicontoh. Keempat pemuda ini adalah Ali Akbar (Palembang), Ikhwan (Bandung), Elias (Bandung) & Ridsu (Padang) yang awalnya hanya berniat mengikuti #trashbagchallenge, sebuah challange yang lagi viral di dunia maya.

Ridsu saat dihubungi KLIKPOSITIF mengatakan gerakan yang dinamai dengan PIPIS atau Pemuda Indonesia Peduli Sampah ini terbentuk pada tanggal 31 Maret 2019. Ia menjelaskan awalnya saat mengikuti #trashbagchallenge, muncullah ide dari Ridsu dan Elias untuk membuat sebuah Gerakan Peduli Lingkungan.

"Karena kalau hanya sekedar mengikuti sebuah tantangan saja tidak cukup sampai ke masyarakat agar mereka sadar dan peduli terhadap lingkungan. Maka kami buatlah gerakan dengan nama Pemuda Indonesia Peduli Sampah atau yang di singkat jadi PIPIS," kata Ridsu bersama Elias, Ali, dan Ikhwan.

Menurutnya PIPIS adalah sebuah gerakan dan bukanlah komunitas. Ia menjelaskan bahwa gerakannya tersebut ingin menyatukan setiap anak muda yang memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan, terutama untuk sampah.

"PIPIS hanya mengharapkan keikhlasan dari setiap orang orang yang mau bergabung dan ikut aksi bersih bersih. Kami tidak pernah memaksakan siapapun untuk ikut karena konsep dari awal adalah keikhlasan dan waktu yang luang. Saat ini kegiatannya adalah aksi bersih pantai dan melakukan edukasi kepada pedagang dan wisatawan serta masyarakat setempat," ujarnya.

Ridsu yang juga aktif di medsos dengan idiom Pahamnay tersebut menambahkan kegiatan PIPIS dilaksanakan setiap hari minggu sore. Dimana saat ini dirinya fokus ke kawasan wisata pantai karena merupakan kawasan yang banyak terjadinya kebiasaan membuang sampah sembarangan seperti di Pantai Air Manis, Pantai Padang dan Pantai Pasir Jambak.

"Tujuan gerakan ini yaitu hanya ingin ... Baca halaman selanjutnya