Pikiran-Pikiran Pincang Naratif Buru Babi Yoppy Pieter

"Buru babi telah bertransformasi jadi medium politik identitas bagi pria untuk menegaskan maskulinitas mereka"
foto buru babi Yoppy Pieter di DestinAsian Indonesia. (istimewa)

Buru Babi, proyek fotografi jangka panjang yang dikerjakan oleh Yoppy Pieter mengusung gagasan yang terdengar begitu nyaring. “Buru babi telah bertransformasi jadi medium politik identitas bagi pria untuk menegaskan maskulinitas mereka,” begitu tesis yang lahir dari proyek foto ini.

Buru babi dalam foto cerita ini bukanlah buru babi umum yang terserak di banyak wilayah di Indonesia. Begitu juga pria yang dimaksud juga bukan kelompok pria secara konvensional. Pria yang ditunjuk adalah lelaki Minangkabau di Sumatera Barat yang, kata Yoppy, berada dalam dominasi matrilineal, sehingga mereka harus berburu demi menegaskan ke-maskulnitas-an mereka.

Politik identitas-Sebuah Gagasan

Sebelum memulai, kiranya kita harus bersepakat bahwa fotografi, batapa beragam variannya merupakan karya intelektual. Dalam kerja proyek fotografi dokumenter jangka panjang, sebuah karya foto lahir dari gagasan yang telah lulus uji. Serangkaian kerja non-fotografis juga dilakukan hanya untuk menguji kekuatan sebuah gagasan dan relasinya dengan visual yang bakal dihasilkan. Gagasan inilah yang akan menjadi DNA seorang fotografer dalam karyanya.

Saya mencatat foto cerita buru babi ini telah tiga kali dipublikasikan. Pertama di Jawa Pos bertanggal 16 Juni 2019 lima buah foto, Majalah DestinAsian Indonesia edisi Juli-September 2019 satu foto, dan terakhir di situs Arkaproject.com sebanyak sepuluh foto. Secara total ada 15 foto berbeda yang telah diterbitkan disertai teks. Pada publikasi di Arkaproject teks yang mengiringi foto ditulis dalam Bahasa Inggris, tentu dengan tujuan sebaran yang lebih global.

Gagasan buru babi sebagai politik identitas, selalu dicantumkan pada semua teks yang mendampingi visualnya. Tanpa teks itu, visual buru babi ini akan kehilangan nilai dan kekuatannya. Dalam naratifnya, Yoppy memberi citra, gagasan politik identitas yang menjadi denyut dalam foto buru babi tersebut merupakan produk intelektualnya. ... Baca halaman selanjutnya