Puncak Perayaan Tabuik, Polres Pariaman Kerahkan 240 Personil

"Pengamanan dilakukan oleh Polres Pariaman sejak prosesi budaya Tabuik digelar"
Kapolres Pariaman, AKBP Andry Kurniawan. (istimewa)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Pesta Budaya Tabuik yang berlangsung semenjak 1 hingga 15 September 2019 di Pariaman. Untuk acara puncak tradisi yang setiap tahun digelar itu, Polres Pariaman menerjunkan 240 personil untuk pengamanan.

Kapolres Kota Pariaman, AKBP Andry Kurniawan mengatakan, sejak awal prosesi budaya Tabuik pihaknya telah melakukan pengamanan. "Kami akan menerjunkan anggota sebanyak 240 personil di hari H pesta Tabuik. Sebelumya, pada awal prosesi tepatnya pada 1 September 2019, sebanyak 75 personil dikerahkan untuk pengamanan," katanya.

Lebih lanjut, AKBP Andry menyebut, dalam pengamanan pesta tabuik itu, pengamanan tidak hanya dari kepolisian. "Tidak hanya dari kami yang akan mengamankan acara, instansi lain juga terlibat, seperti TNI dan lainnya, " ungkap Andry.

Untuk fokus pengamanan, terfokus pada jalur yang akan dilalui Tabuik nantiknya. "Setiap pengamanan kami lakukan secara terbuka dan tertutup," cetusnya.

Dia juga mengimbau bagi seluruh warga yang ikut acara untuk menjaga ketertiban dan keamanan. "Karena ini merupakan tradisi tahunan, kami himbau bagi seluruh warga yang melibatkan diri, jaga keamanan dan ketertiban. Laksanakan dengan sebaik-baiknya dan jangan sampai ada yang menjadi korban," ujarnya.

Sementara itu dia menyadari, perayaan tabuik di kota Pariaman akan memicu adanya kriminalitas. Makanya, dia meminta warga dan juga wisatawan nanti leibh berhati-hati dan selalu waspada. "Selain itu, kami juga melakukan antisipasi dengan langkah tertutup, baik dari pihak Intel dan Reskrim," jelas Andry.

[Rehasa]