Camat Nanggalo Sampaikan Usulan Dua Integrasi Baru pada Sestama BKKBN

"Integrasi ini perlu dibahas lebih lanjut, makanya kita usulkan"
Diskusi Sestama BKKBN Nofrijal bersama Camat Nanggalo Teddy Antonius, Selasa (3/9) (KLIKPOSITIF/Khadijah)

PADANG, KLIKPOSITIF - Didatangi Sekretaris Utama (Sestama) BKKBN Nofrijal, Camat Nanggalo Kota Padang, Teddy Antonius usulkan dua integrasi baru terkait program Kampung KB.

Integrasi itu yakni integrasi dengan pemberdayaan masyarakat aliran sungai dan pengembangan potensi ekonomi di daerah tersebut.

"Integrasi ini perlu dibahas lebih lanjut, makanya kita usulkan," ujar dia saat menjamu orang nomor dua di BKKBN tersebut, Senin (2/9).

Untuk poin pertama jelas Teddy, perlunya dibangun Rumah Data Kependudukan atau disebut Rumah Data-Ku. Melalui ini, dapat terkumpul,data lengkap tentang masyarakat di Kecamatan. Seperti jumlah anggota keluarga, kondisi ekonomi keluarga dan informasi lainnya.

Menurutnya, hal ini sangat membantu pemerintah sekitar, terutama dalam mencapai program pembagunan dan program KB.

Kemudian, poin kedua tentang pengembangan potensi ekonomi di daerah. Hal itu seiring dengan semakin ramainya pemukiman daerah Nanggalo, setelah adanya beberapa perguruan tinggi di daerah itu salah satunya Universitas Mercu Bakti Jaya.

Pengembangan potensi ekonomi masyarakat itu melalui keahlian yang dimiliki masyarakat sekitar, seperti menjahit dan bordir baju. Ia mengharapkan pihak BKKBN dapat membantu mewujudkan hal itu melalui program Kampung KB yang dimiliki BKKBN.

“Dengan kemampuan itu, masyarakat juga diuntungkan, seiring semakin ramainya masyarakat sekitar yang dominan berasal dari mahasiswa. Sehingga Kampung KB di daerah kami semakin berseri," katanya.

Kampung KB di Naggalo telah ada sejak tahun 2016. Saat ini nama kampung itu Kampung KB Berseri, dengan harapan masyarakat yang hidup di dalamnya hidup dengan perasaan yang bahagia dan berseri.

Sejauh ini program Kampung KB sangat membantu masyarakat sekitar bahkan kini daerah tersebut tidak lagi menjadi daerah yang tertinggal.

Sementara itu, Sestama BKKBN Nofrijal mengapresiasi langkah Camat Nanggalo yang ... Baca halaman selanjutnya