Wako Pariaman Undang Duta Besar Negara-Negara Islam pada Pesta Budaya Tabuik

"Kali ini jumlah Tabuik ditambah. Biasanya ada dua Tabuik besar, sekarang kami tambah dari 4 kecamatan yang ada di Kota Pariaman,"
Walikota Pariaman, Genius Umar. (KLIKPOSITIF/ Rahesa)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Walikota Pariaman, Genius Umar merencanakan untuk mendatangkan Duta Besar dari Negara-Negara Islam untuk melihat Tabuik Piaman.

Perihal itu diutarakan oleh Genius Umar setelah konferensi pers di kantornya. Dikatakannya juga, selain duta besar negara islam pihak Kementerian Wisata dan Kemaritiman juga telah diundang.

"Kami akan datangkan Duta Besar Negara-Negara Islam untuk melihat puncak perayaan Tabuik. Selain itu, pihak Pusat yakni Kementerian Wisata dan Kemaritiman telah diundang, " jelas Genius, Rabu 4 September 2019.

Dikatakannya juga, besok dia akan menuju Jakarta untuk memastikan kedatangan Duta Besar Negara Islam dan Pihak Kementerian itu.

"Untuk Sumbar sendiri, Kapolda dan Gubernur sudah dipastikan datang. Mereka bersedia datang, " sebut Genius.

Menurut Genius, 200 ribu pengunjung ditargetkan akan datang dalam acara Hoyak Tabuik. "200 ribu pengunjung, kami prediksi datang dalam prosesi Tabuik hingga puncak perayaan," kata dia.

Genius juga menuturkan perihal perubahan jumlah Tabuik. Untuk sekarang akan di Hoyak sebanyak 6 Tabuik.

"Kali ini jumlah Tabuik ditambah. Biasanya ada dua Tabuik besar, sekarang kami tambah dari 4 kecamatan yang ada di Kota Pariaman," sebutnya.

4 Tabuik itu, sebut Genius lagi, ukurannya berbeda dengan 2 Tabuik biasanya."Dua tabuik tetap seperti biasa, dalam ukuran besar. Sementara 4 tabuik dari 4 kecamatan akan diarak dan dihoyak di atas Tabuik yang besar," jelas Genius. (Rehasa)