Tunggakan Iuran di BPJS Cabang Payakumbuh Mencapai Rp40,7 M

"Untuk tunggakan kepesertaan di BPJS Cabang Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh ada sekitar Rp18 M lebih, Kabupaten Tanah Datar Rp17 M, dan Kota Payakumbuh Rp5 M. Totalnya mencapai Rp40,7 M lebih"
Kabid Penagihan dan Keuangan BPJS Cab Payakumbuh, Fristy Lahira Defivenni. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Sampai 4 September 2019, total tunggakan kepersertaan di BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh mencapai Rp40,7 miliar. Jumlah tersebut berasal dari tiga kabupaten kota yang merupakan wilayah kerjanya, yaitu Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kabupaten tanah datar.

"Untuk tunggakan kepesertaan di BPJS Cabang Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh ada sekitar Rp18 M lebih, Kabupaten Tanah Datar Rp17 M, dan Kota Payakumbuh Rp5 M. Totalnya mencapai Rp40,7 M lebih," jelas Kabid Penagihan dan Keuangan BPJS Cab Payakumbuh, Fristy Lahira Defivenni saat ditemui di kantornya, Rabu (4/9).

Menurutnya, jumlah tunggakan tersebut akan terus mengalami perubahan setiap harinya karena masih ada beberapa peserta yang diprediksi akan melakukan pembayaran dalam beberapa waktu ke depan.

"Pembayaran iuran kita itu limitnya pada tanggal 10 setiap bulan, otomatis nanti perhari akan berubah terus," jelasnya.

Terkait range tunggakan yang cukup besar di BPJS Cabang Payakumbuh, ada yang sudah 24 bulan tapi yang terbanyak antara 13 sampai 15 bulan.

"Untuk melakukan penagihan kita tetap melakukan pendekatan terhadap seluruh masyarakat di tiga kabupaten kota yang merupakan wilayah kerja kita," kata Fristy.

Hal lain yang juga dilakukan BPJS adalah memaksimalkan keberadaan kader-kader JKN yang ada di masing-masing kabupaten kota.

"Untuk daerah yang tunggakannya tinggi kita turun langsng bersama kader JKN. Kader JKN ini sebagai penyambung lidah kami, mereka juga bisa menerima iuran dari peserta," ulasnya.

Untuk total kepesertaan di BPJS Cabang Payakumbuh berjumlah 713.655 peserta. Rinciannya, untuk Kota Payakumbuh 129.272 peserta dengan persentase 93,8 persen dari jumlah penduduk, Kabupaten Limapuluh Kota sebanyak 288.872 peserta atau 75,98 persen dari jumlah penduduk, Kabupaten Tanah Datar sebanyak 295.511 dengan persentase 79,65 persen dari total penduduk. (*)