Minat ASN Pemprov Sumbar Ikut Wirid Bulanan Sangat Rendah

"Nasrul Abit minta kepala dinas untuk memberikan peringatan kepada staf agar menghadiri kegiatan keagamaan"
ASN Pemprov Sumbar tampak sedikit sekali mengikuti wirid bulanan di Masjid Raya Sumbar (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit tidak bisa menahan hati saat melihat jemaah wirid bulanan Pemprov Sumbar semakin hari semakin berkurang. Padahal seharusnya kalau menghitung jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di provinsi tersebut mencapai 6000 ribu orang bisa penuh masjid sebesar itu.

"Saya melihat semakin lama ASN yang hadir semakin berkurang pemprov Sumbar semakin berkurang, luangkanlah waktu untuk mendengarkan tausyiah tiap Jumat pagi, baik di masjid kantor gubernur maupun masjid raya yang telah dijadwalkan oleh Biro Bina Mental," ajaknya, Jumat pagi, 6 September 2019.

Melihat sedikit ASN hadir, Nasrul Abit minta kepala dinas untuk memberikan peringatan kepada staf agar menghadiri kegiatan keagamaan. Sebab menurut Wagub ASN adalah panutan masyarakat.

"Ini contoh yang tidak baik, kepada perintah sang pencipta saja mereka tidak patuh apalagi kepada atasan," ujarnya.

Tidak habis pikir lagi, sudah ada masjid megah seperti Masjid Raya Sumbar tapi juga tidak bisa melaungkan waktu. Itupun jadwal wirid tidak tiap minggu melainkan sekali sebulan.

"Mari makmurkan masjid terutama bagi pegawai Pemprov," tegasnya.

Dalam tausiyahnya, ustaz Dr. H. Mustafa, Lc., MA, mengatakan tahun baru Islam ini sebagai bentuk hijrah untuk perubahan yang lebih baik, termasuk memakmurkan masjid.

Dijelaskannya sang ustaz setidaknya ada empat keutamaan bagi orang yang memakmurkan masjid, pertama ada sakinah atau ketenangan dalam diri dan jiwa, kedua mendapatkan rahmah atau kasih sayang dari Allah SWT, ketiga dinaungi oleh masyarakat dan Allah SWT akan selalu menyebut mereka di hadapan para malaikatnya.

"Hijrah sendiri diartikan sebagai perjuangan meninggalkan hal-hal buruk ke arah yang lebih baik. Berani meninggalkan sesuatu yang buruk yang merugikan diri sendiri dan beralih pada sesuatu yang baik," jelasnya. (*)