Kebakaran, Pohon Tumbang Hingga Angin Kencang Merusak Puluhan Rumah Terjadi di Sumbar

"terjadi kebakaran lahan di dua titik, pohon tumbang hingga hujan disertai angin kencang di Sumbar "
Kerusakan rumah warga Solok Selatan akibat angin kencang disertai hujan (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Barat (BPBD Sumbar) mencatat telah terjadi kebakaran lahan di dua titik, pohon tumbang hingga hujan disertai angin kencang di Sumbar dalam rentang 5 hingga 6 September 2019.

Titik pertama terjadi Jorong Koto Tinggi Blok C Nagari Koto Besar Kecamatan Koto Besar, Kabupaten Dhamasraya pada 5 September sekitar pukul 18.00 WIB. Seluas 4 hektare lahan ludes akibat kelalaian atau human eror tersebut.

Kemudian kebakaran pada 6 September 2019 di Kota Solok pada pukul 13:15 WIB akibat musim kemarau. Ada beberapa titik api di daerah ini diantaranya kebakaran lahan di Laiang, kemudian, lahan dekat PT Wing, lahan dekat gedung DPRD Kota Solok, lahan depan Puskesmas Nan Balimo dan lahan di Jalan Lingkar.

"Tidak ada korban jiwa dari kebakaran didua daerah tersebut," ujarnya Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman, Sabtu, 7 September 2019.

Mendapat informasi dari kebakaran, BPBD setempat langsung menyisir lokasi dan melakukan pemadaman. Walaupun api sudah padam personil BPBD masing-masing daerah tetap siaga serta mencek ulang lokasi kebakaran sebagai antisipasi terjadi kebakaran susulan.

Lebih lanjut Rahman menyampaikan, kemarin juga terjadi bencana pohon tumbang menimpa rumah warga di Jorong Aur Gading Nagari Limo Koto Kecamatan koto VII Kabupaten Sijunjung. Akibatnya rumah milik Jasnidar (52) mengalami rusak berat.

Kemudian pada hari yang sama, juga terjadi hujan lebat disertai angin kencang sekitar pada pukul 16:00 WIB di Kecamatan Sungai Pagu dan Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan.

"Tidak ada korban jiwa dari peristiwa itu, namun, lebih dari 50 unit rumah rusak, dan 8 diantaranya rusak berat," tukasnya. (*)