Dosen UMMY Perkenalkan Petani Solok Budidaya Bawang Merah Bersertifikat

"implementasi budidaya tanaman bawang merah bersertifikat tersebut dilakukan di sejumlah kelompok tani mitra di kawasan Bukik Sileh, Kecamatan Lembang Jaya, "
Tim dosen UMMY Solok panen bawang hasil pembinaan bersama kelompok tani mitra. (Ist)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Mendorong pengembangan varietas bawang merah di Kabupaten Solok, Dosen UMMY Solok bekerjasama dengan Balai Penelitian Tanaman Pangan (BPTP) Sukarami memperkenalkan budidaya tanaman bawang bersertifikat (S3).

Baru-baru ini, implementasi budidaya tanaman bawang merah bersertifikat tersebut dilakukan di sejumlah kelompok tani mitra di kawasan Bukik Sileh, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok.

Tim pengabdian dalam program kemitraan masyarakat tersebut diketuai oleh dosen senior yang juga ketua jurusan budidaya pertanian, Dra. H. Helti Andraini,  M.si dan didampingi Dara Surtina, S.Pt, MP dan Harissatria, S.Pt, MP.

Menurut salah satu tim dosen UMMY Solok, Haris Satria, pembinaan kelompok tani mitra diawali dari proses pengolahan tanah, pemupukan, penyiangan, pengendalian penyakit, pemanenan, dan teknologi pasca panen.

"Dengan teknik budidaya yang tepat, ditambah bibit bawang bersertifikat akan memacu produksi tanaman bawang yang dibudidayakan oleh petani," sebut Haris Satria, Minggu 8 September 2019.

Pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen UMMY Solok juga merupakan kegiatan kerjasama yang didanai langsung oleh Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Stimulus.

Alih teknologi budidaya tanaman bawang yang dilakukan dosen UMMY Solok dan pihak BPTP Sukarami setidaknya membuka cakrawala petani untuk lebih terpacu meningkatkan produksi bawang yang lebih berkualitas.

Masyarakat berharap, dengan adanya bimbingan tentang teknik budidaya yang diberikan kalangan akademisi dapat menjadi jawaban atas berbagai persoalan budidaya komoditas bawang yang ada di kabupaten Solok.

Tim pengabdian masyarakat UMMY Solok telah banyak melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan topik yang berbeda dan lokasi yang berbeda di berbagai ... Baca halaman selanjutnya