Vakum Enam Tahun, Latihan Gabungan Antar Kampus Dihidupkan Pramuka UIN Padang

"Kegiatan yang berlangsung dari 6 hingga 8 September 2019 itu diikuti oleh anggota Pramuka dari IAIN Bukittinggi, ISI Padang Panjang, IAIN Batusangkar dan Universitas Negeri Padang (UNP)"
Peserta latihan gabungan antar kampus (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Sempat vakum selama enam tahun, latihan gabungan Pramuka perguruan tinggi se-Sumatera Barat dihidupkan kembali oleh Racana Imam Bonjol-Rohana Kudus, UIN Iman Bonjol Padang.

Kegiatan yang berlangsung dari 6 hingga 8 September 2019 itu diikuti oleh anggota Pramuka dari IAIN Bukittinggi, ISI Padang Panjang, IAIN Batusangkar dan Universitas Negeri Padang (UNP).

Hafif perwakilan Pramuka UIN Iman Bonjol Padang menyampaikan, bertindak sebagai tuan rumah, pihaknya memberikan beberapa materi seperti sistem administrasi gugus depan, pola mekanisme pembinaan pramuka penegak dan pandega.

"Terakhir kegiatan ini diangkat oleh IAIN Batusangkar, kemudian enam tahun belakangan tidak ada lagi. Untuk itu kami adakan kembali sebagai penguatan kapasitas anggota serta dalam rangka membangun silaturahmi antar kampus," jelasnya kepada KLIKPOSITIF, Senin, 9 Agustus 2019.

Dilanjutkannya, dalam latihan gabungan juga dilakukan kegaitan bersih-bersih pantai oleh peserta sebagai bentuk peduli lingkungan.

"Bersih pantai dilaksanakan di kawasan pantai Muaro Lasak Padang," tuturnya.

Terkait kegiatan Pramuka juga, sebanyak 21 Pramuka penggalangan dan utusan Kwarda Gerakan Pramuka Sumbar akan mengikuti lomba gugus depan unggul dan festival Penggalang Ceria Sekolah Dasar tahun 2019, di Bogor Jawa Barat.

Keberangkatan peserta dilepas secara resmi Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit sekaligus sebagai Ketua Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumbar. (*)