Tim Psikolog UI Tes Psikologis Pejabat Eselon II Pemprov Sumbar, Ada Apa? 

"Hasilnya dapat menjadi evaluasi bagi dirinya mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan juga kerjasamanya dalam tim"
Pejabat eselon II Pemprov Sumbar saat mengisi kuesioner untuk pengujian Psikologis didampingi Tim Psikolog UI, Senin (9/9) di Auditorium Gubernur (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) bekerja sama dengan tim psikolog Universitas Indonesia (UI) untuk mengetahui kapasitas, pengenalan diri serta kekuatan bekerja sama dalam tim pejabat eselon II.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, Abdul Gafar menjelaskan, tim psikolog UI menyediakan kuisioner yang diisi masing-masing pejabat eselon II, kemudian hasil akan diserahkan kepada pejabat bersangkutan untuk evaluasi diri. Hasil juga diarahkan kepada gubernur.

"Hasilnya dapat menjadi evaluasi bagi dirinya mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan juga kerjasamanya dalam tim. Masing-masing bisa mengukur diri dari hasil nantinya," ujarnya, Senin, 9 September 2019 di Auditorium Gubernuran Sumbar

Dikatakannya, dengan penilaian ini akan menumbuhkan kerjasama tim bagi OPD yang ada di Sumbar, karena selama ini cenderung kerja sendiri-sendiri.

"Kita dalam berorganiasi itu tidak bisa kerja sendiri, pekerjaan itu dimulai dari staf hingga pimpinan. Maka, dengan adanya uji psikologis ini akan membentuk karakter pembangunan kerjasama tim sehibgga istilah kerja sendiri itu dalam berorganisasi tidak ada lagi," katanya.

Lanjut Gafar, bagi kepala OPD yang tidak hadir dalam pengisian kuesioner ini dapat menyusul nanti.

"Jadi ada berapa kepala OPD yang tidak dapat hadir karena ada kegiatan lain nanti akan dikirimkan untuk mereka isi kuesioner ini," katanya.

Kemudian, dari hasil tersebut akan ditindaklanjuti pada 29 hingga 3 Oktober di Bukittinggi. Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang juga berlatar belakang psikologi akan memberikan materi penguatan terhadap pejabat eselon II yang telah menerima hasil penilaian.

Pada kesempatan yang sama, Wagub Sumbar Nasrul Abit mengungkapkan, bahwa dengan melakukan tes psikologis ini para pejabat dapat mengenali dirinya dahulu sebelum mengenali orang lain. Sebab hasil yang ... Baca halaman selanjutnya