KSB Kota Payakumbuh Dikukuhkan Sekaligus Diberikan Pelatihan

"Pengukuhan dan pelatihan itu diikuti oleh KSB dari 10 kelurahan dan lima kecamatan yang terdapat di daerah tersebut."
Pengukuhan dan pelatihan KSB Kota Payakumbuh. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Kelompok Siaga Bencana (KSB) Kota Payakumbuh dikukuhkan di Aula Eks Balaikota Lantai 3 Bukik Sibaluik, Payakumbuh, Senin (9/9). Setelah dikukuhkan, para personil KSB tersebut diberikan pelatihan selama tiga hari, Senin (9/9) - Rabu (11/9).

Asisten III Setdako Payakumbuh, Amriul Datuak Karayiang mengatakan, pengukuhan dan pelatihan itu diikuti oleh KSB dari 10 kelurahan dan lima kecamatan yang terdapat di daerah tersebut.

Dt Karayiang menyebut, melalui kegiatan pelatihan KSB yang dilakukan, Kota Payakumbuh bakal memiliki relawan yang tangguh, tangkas, dan tanggap terhadap bencana.

"Kesiap siagaan diri diharapkan pada akhirnya mampu untuk mengantisipasi ancaman bencana dan meminimalkan korban jiwa, korban luka maupun kerusakan infrastruktur," katanya, Seni (9/9).

Ditambahkan Dt Karayiang, dalam beberapa hari terakhir sering terjadi hujan deras disertai angin kencang di Kota Payakumbuh, sehingga menyebabkan banyak pohon kayu tumbang dan bahkan ada menimpa rumah warga, alhasil menimbulkan dampak kerugian materil maupun moril.

Karena itu, ia berpesan kepada KSB agar bisa menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam menghadapi bencana, agar tidak terjadi kerugian jiwa karena nyawa manusia penting untuk diselamatkan terlebih dahulu.

"Wali Kota Riza Falepi sangat berharap usai dilantiknya KSB ini dapat menjalankan tugas fungsi dan perannya dengan baik, segera koordinasi bersama OPD terkait apabila membutuhkan bantuan, agar kita bisa menciptakan suasana aman dan nyaman bagis masyarakat," pesannya. (*)