Pemkab Bantu Korban Bencana di Solsel

"Secara simbolis Bupati Solsel serahkan bantuan 1.300 helai atau 65 kodi seng "
Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria menyerahkan bantuan berupa seng kepada Kasmul Hendri warga Ujung Jalan, Nagari Luak Kapau kecamatan Pauh Duo (Kaka)

SOLSEL, KLIKPOSITIF -- Bupati Kabupaten Solok Selatan Muzni Zakaria menyerahkan secara simbolis bantuan 1.300 helai atau 65 kodi seng kepada korban terdampak angin kencang yang melanda tiga kenagarian di Kecamatan Pauh Duo Solok Selatan pada Jum'at 6 September 2019.

"Mudah-mudahan sedikit bantuan ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk membantu memperbaiki rumah masing-masing," ujar Bupati saat menyerahkan bantuan tersebut di Nagari Kapau Alam Pauh Duo, Senin 9 September 2019.

Ia juga mengingatkan warga untuk senantiasa berhati-hati saat cuaca tidak menentu seperti saat ini. Sebagian daerah masih panas potensi kebakaran masih tinggi, sebagian lagi sudah turun hujan tetapi disertai angin kencang.

"Tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat, baik di daerah yang belum turun hujan maupun di daerah yang sudah turun hujan disertai angin kencang seperti saat ini," ujarnya.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solsel Dicky Nanda Utama menjelaskan bantuan berupa seng tersebut akan didistribusikan kepada korban melalui Kantor Wali Nagari yang masyarakatnya terdampak.

"Didistribusikan melalui Kantor Wali Nagari masyarakat yang terkena musibah, data korban sudah ada, bantuan yang diterima korban jumlahnya bervariasi sesuai tingkat kerusakan," jelasnya

Ia juga akan memantau pendistribusian bantuan tersebut agar tepat sasaran.

"Kita ingin bantuan ini dimanfaatkan masyarakat sesuai peruntukannya, jangan disalahgunakan," tegasnya.

Kasmul Hendri (40) salah satu korban menceritakan sesaat sebelum musibah itu cuaca masih panas dan secara tiba-tiba datang hujan disertai angin kencang.

"Hujan deras disertai angin kencang datang secara tiba-tiba menerbangkan hampir sebagian atap rumah, beruntung tidak ada anggota keluarga yang tertimpa seng atau kayu," kata Kasmul Hendri yang merupakan penggiat pramuka yang berlokasi di Ujung Jalan, Nagari Luak Kapau ... Baca halaman selanjutnya