Gelar Aksi Demo, Mahasiswa UIN IB Tuntut Transparansi Kampus

"Aksi yang dilakukan itu untuk menuntut pihak kampus agar transparan dalam hal keuangan kampus."
Aksi demo mahasiswa IAIN Imam Bonjol Padang (KLIKPOSITIF/Halbert)

PADANG, KLIKPOSITIF-- Ratusan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menggelar aksi protes di kampus yang terletak di Jalan M Yamin, Kecamatan Kuranji, Kota Padang itu pada Selasa 10 September 2019.

Aksi tersebut dimulai sejak pukul 08.00 WIB dan mahasiswa itu melakukan aksi di lapangan kampus dengan membawa spanduk dan pengeras suara. Aksi yang dilakukan itu untuk menuntut pihak kampus agar transparan dalam hal keuangan kampus.

"Kami meminta transparansi keuangan kampus, karena selama ini kami membayar UKT dan kampus juga mendapatkan dana dari negara, tetapi selama ini kami tidak mengetahuinya," ujar Koordinator Lapangan aksi, Muhammad Jalaludin.

Ia mengatakan, pihak kampus tidak transparan dalam hal keuangan kampus, sementara gedung kuliah dan fasilitas dirasakan tidak berkembang. "Kami menuntut seluruh fasilitas yang ada agar diperbaiki. Tidak hanya gedung rektorat, tapi ruang-ruang kuliah kami harus diperbaiki secepatnya," lanjutnya.

Menurutnya, fasilitas kampus seperti ruangan dan kursi sangat tidak memadai, ditambah lagi tidak adanya AC untuk pendingin ruangan. "Tidak hanya ruangan dan bangku, toilet kampus juga tidak dibenahi aehingga sangat bau," lanjutnya.

Ia mengatakan, pihaknya akan terus menuntut hak mahasiswa hingga tuntutannya dipenuhi oleh pihak rektorat. "Kami akan terus menuntut, paling tidak hingga adanya janji tertulis dari pihak rektorat," tutupnya.

Halbert Caniago