Pagu Anggaran Kemenko Kemaritim Pada 2020 Meningkat Rp79,25 Miliar

"Mengingat tahun 2020 tantangan akan jauh lebih kompleks. Terkhusus Indonesia adalah negara kelautan dengan sumber daya yang harus dimanfaatkan secara maksimal"
Ketua Banggar DPR RI Kahar Muzakir (DPR)

KLIKPOSITIF -- Setelah melakukan pendalaman dengan Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, Badan Anggaran DPR RI akhirnya menyetujui pagu anggaran Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman di 2020 sebesar Rp350,79 miliar.

Angka tersebut meningkat dari pagu indikatif yang sebesar Rp271,54 miliar. Sehingga terjadi tambahan anggaran sebesar Rp79,25 miliar.

"Seperti yang disampaikan Menko Bidang Kemaritiman, apakah kita setuju anggaran Kemenko Maritim sebesar Rp 350,79 miliar? Setuju," ujar Ketua Banggar DPR RI Kahar Muzakir saat memimpin raker dengan Menko Maritim Luhut Panjaitan.

Penambahan anggaran Rp 79,25 miliar itu ditujukan untuk koordinasi keamanan dan ketahanan maritim sebesar Rp 11,5 miliar, untuk koordinasi delimitasi zona maritim Rp 8 miliar, untuk sekretariat GMF-BRI sebesar Rp 10 miliar, untuk kendaraan bermotor listrik Rp 1,5 miliar, untuk peningkatan penggunaan produk dalam negeri Rp 1 miliar, untuk pengendalian status dan kualitas geopark nasional sebesar Rp 4 miliar.

Selanjutnya, untuk pengendalian pelaksanaan RAN penanganan sampah laut sebesar Rp 4,5 miliar, untuk dukungan operasional sekretariat pengarah citarum sebesar Rp 4 miliar, untuk annual maintancance ArcGIS Standar License sebesar Rp 300 juta dan kebijakan kesehatan laut Indonesia sebesar Rp 2 miliar.

Banggar pun berpesan agar anggaran yang sudah ditambahkan itu dapat digunakan secara maksimal. Mengingat tahun 2020 tantangan akan jauh lebih kompleks. Terkhusus Indonesia adalah negara kelautan dengan sumber daya yang harus dimanfaatkan secara maksimal.(*)