Dosen UMMY Solok Dorong Peternak Lokal Manfaatkan Biskuit Daun Pepaya

Tim dosen UMMY Solok memberikan penyuluhan pemanfaatan biskuit daun pepaya pada peternak kambing kota Solok.
Tim dosen UMMY Solok memberikan penyuluhan pemanfaatan biskuit daun pepaya pada peternak kambing kota Solok. (Istimewa)

SOLOK,KLIKPOSITIF --Tingkatkan produksi susu ternak kambing, Dosen Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Solok bimbing peternak kambing perah Kota Solok untuk menerapkan pemberian biskuit daun pepaya.

Menurut Dosen peternakan UMMY Solok, Rica Mega Sari, pemberian biskuit daun pepaya sebagai pakan suplemen mampu memacu produksi susu kambing perah dan tergolong sangat aman bagi kesehatan ternak.

"Biskuit daun pepaya sangat aman bagi ternak karena terbuat dari campuran bahan-bahan alami seperti dedak, molases, bungkil kelapa dan daun pepaya," ungkap Rica saat penyuluhan di kelompok peternak kambing Kota Solok beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Memang diakuinya, Produksi susu kambing di Kota Solok masih sangat rendah dari standar rata-rata produksi. Kondisi ini membuat peternak belum mampu memenuhi permintaan pasar yang kian meningkat.

Bahkan, tak jarang peternak lokal yang sudah memiliki pelanggan susu kambing terpaksa harus mencarikan susu kambing permintaan konsumen ke daerah lainnya di Sumatera Barat.

Melihat kondisi tersebut, Dosen peternakan UMMY Solok, Rica Mega Sari mencoba memberikan solusi dengan memperkenalkan pemberian biskuit daun pepaya sebagai pakan suplemen melalui berbagai kegiatan penyuluhan.

Kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama antara dosen peternakan UMMY Solok dengan Kemenristekdikti melalui bantuan pengabdian kepada masyarakat dengan Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Kegiatan tersebut langsung didanai Kemenristekdikti.

Tim pengabdian dalam program kemitraan masyarakat ini diketuai oleh Rica Mega Sari, S.Pt.,MP. (dosen Jurusan Peternakan) dan didampingi oleh Nidia Anggraeni Das, SE.,MM. (dosen Jurusan Akuntansi) yang juga memberikan ilmu pembukuan berbasis ilmu akuntansi.

Proses yang dilakukan dalam pengabdian tersebut dalam bentuk penyuluhan, praktek langsung dan pembinaan dalam pemanfaatan biskuit daun pepaya, dilakukan pelatihan khusus untuk pembuatan biskuit daun pepaya ini.

"Dari hasil penerapan pemberian biskuit daun pepaya sebagai pakan suplemen bagi ternak kambing perah di kota Solok mampu meningkatkan produksi susu sampai 0,8 per hari untuk satu ekor ternak kambing," terang Rica.

Pemanfaatan pakan suplemen alami yang dilakukan dosen UMMY Solok yang dibantu oleh Dinas Pertanian Kota Solok setidaknya membuka cakrawala peternak untuk lebih terpacu meningkatkan produksi dan memiliki pembukuan yang lebih rapi.

Masyarakat berharap, dengan adanya bimbingan tentang teknik budidaya yang diberikan kalangan akademisi dapat menjadi jawaban atas berbagai persoalan ternak kambing perah yang ada di Kota Solok.

[Syafriadi]

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Iwan R