Dies Natalis ke-32, PNP Bedah Rumah Warga

Direktur PNP SurfaYondri foto bertsama dengan tokoh masyarakat Limau Manis dan para civitas akademika di lokasi bedah rumah.
Direktur PNP SurfaYondri foto bertsama dengan tokoh masyarakat Limau Manis dan para civitas akademika di lokasi bedah rumah. (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Peringatan Dies Natalis ke-32 Politeknik Negeri Padang ( PNP ) ditandai dengan bedah rumah warga. Selasa, 10 September 2019. Bertempat di RT02/RW02 Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang, bedah rumah tersebut dilakukan secara simbolis oleh Direktur PNP Surfa Yondri.

Dalam bedah rumah tersebut, turut hadir Wakil Direktur I PNP Revaline Herdianto, Wakil Direktur II PNP Anton, dan sejumlah civitas akademika PNP , serta tokoh masyarakat Limau Manis yang terdiri dari Ketua KAN Limau Manis Syarifuddin Dt Bungsu, dan Ketua LPM Limau Manis Sudirman.

baca juga: Dirjen Pendidikan Vokasi Lounching Program S2 Terapan di Empat Politeknik di Indonesia, Salah Satunya PNP

"Bedah rumah yang digelar dalam rangka Dies Natalis PNP ini juga merupakan bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Pada Dies Nataslis tahun lalu, PNP malah membuatkan rumah untuk warga di Pesisir Selatan," kata Direktur PNP Surfa Yondri, saat ditemui di lokasi bedah rumah warga di Limau Manis.

Memperingati momentum Dies Nataslis ke-32 ini, Surfa Yondri meminta agar seluruh civitas akademika PNP untuk tetap bekerja keras untuk PNP yang lebih baik kedepannya, meskipun berbagai prestasi sudah diraih oleh PNP , seperti masuk delapan perguruan tinggi vokasi terbaik di Indonesia dari seribuan perguruan tinggi vokasi.

baca juga: Pandemi Covid-19, PNP Buka Pendaftaran SBMPN 2020 dengan Sistem Seleksi Portofolio

“Kita mengucapkan terima kasih kepada seluruh para pendahulu kita yang telah membangun PNP hingga menjadi seperti sekarang. Kita harus meningkatkan PNP lebih baik lagi. Tahun ini saja kita sudah berhasil mencapai delapan perguruan tinggi vokasi terbaik. Kita berharap kedepannya bisa lebih baik lagi,” paparnya.

Tema yang diangkatkan pada dies natalis kali ini adalah 'Kokohkan Semangat Kreatif, Inovatif dan Kolaboratif di Era Revolusi Industri 4.0. “Diera saat ini kita tidak hanya dituntut kreatif, namun juga inovatif dan kolaboratif. Kita selalu menekan kan hal itu kepada mahasiswa. Kita ingin mahasiswa kita setelah tamat bisa langsung diterima di dunia kerja dan diterima di tengah masyarakat,” ungkapnya.

baca juga: Melalui Program Bedah Rumah YBM PLN Sumbar, Nenek Dalima Kini Tinggal di Rumah Layak Huni

Sementara itu, pemilik rumah yang dibedah oleh PNP bernama Simas (65), berterimakasih kepada PNP , karena dengan akan dilakukannya bedah rumah , tentu ke depannya ia bersama keluarganya akan nyaman tinggal di rumah tersebut. Apalagi kondisi rumahnya saat ini, kata Simas, rumah semi permanennya yang sudah bersia 40 tahun lebih, sudah mulai lapuk dan posisinya sudah miring.

"Rumah saya sudah tidak kokoh, sudah lapuk dan miring. Jadi, saya bersyukur sekali rasanya atas adanya bantuan bedah rumah dari PNP ini. Semoga insan yang ada di PNP mendapat lindungan Allah SWT, dan dimurahkan rezekinya," kata Simas.

baca juga: PNP Salurkan Bantuan APD untuk 4 RSUD di Sumbar

Ketua KAN Limau Manis Syarifuddin Dt Bungsu mengapresiasi PNP yang telah membedah rumah warga. Disebutkannya, kontribusi PNP untuk Limau Manis sudah sangat banyak. Bahkan selain melakukan bedah rumah warga, PNP juga memberikan pelatihan softskill kepada masyarakat Nagari Limau Manis.

"Saat ini pelatihan softskill bagi masyarakat Limau Manis yang hingga kini belum mendapatkan pekerjaan masih berlangsung. Pelatihan softskill ini bekerjasama dengan Forum Pemberdayaan masyarakat dan CSR PT Semen Padang," ujarnya.

Gelar 35 Kegiatan

Ketua panitia Dies Natalies ke-32 PNP Efrizon mengatakan, bedah rumah warga ini ditargetkan selesai pada 20 September mendatang. Untuk pengerjaannya, PNP akan melibatkan mahasiswa dan masyarakat sekitar lokasi bedah rumah . "Jadi bedah rumah ini kita lakukan secara gotong-royong. Untuk semua materialnya, PNP yang menyediakan," katanya.

Bedah rumah warga ini, lanjutnya, merupakan satu dari 35 kegiatan yang digelar dalam rangka Dies Natalis PNP . Seluruh kegiatan tersebut terbagi ke dalam lima bidang Dies Natalis, yaitu agama, sosial, budaya, akademik dan olahraga. Untuk bedah rumah , sebutnya, merupakan bagian dari bidang sosial dan budaya.

"Selain bedah rumah , untuk tema sosial budaya kami di PNP juga menggelar lomba K3, lomba simulasi kebakaran antar jurusan dan unit, pengecatan musala dan masjid di sekitar Kampus PNP , bersih Pantai Padang, dan menyantuni Anak Yatim, serta pemberian bantuan barang layak pakai untuk warga kurang mampu," katanya.

Untuk bidang olahraga, kata Efrizon melanjutkan, ada lomba tennis meja, bulutangkis, catur, futsal, dan tennis lapangan. Lalu untuk bidang agama, Tahfidz Juz 30/ untuk Dosen, Staff PNP dan Mahasiswa, serta lomba Tilawah dan lomba Adzan.

Sedangkan untuk akademika, ada kegiatan orasi ilmiah oleh Menristekdikti, lomba poster hasil penelitian dan pengabdian, temu alumni, job fair, dan kuliah umum dari industri. "Rangkaian kegiatan Dies Natalis ini akan digelar hingga 13 Oktober nanti," pungkasnya.(*)

Penulis: Riki S