75 Persen Pengidap HIV/AIDS di Padang Adalah Laki-laki

"Kebanyakan penderitanya tersangkut kasus hubungan seks sesama lelaki"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF-- Hingga Juli 2019, sebanyak 179 orang masyarakat Kota Padang terjangkit penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV). Jumlah tersebut jauh menurun dibanding tahun 2018 yang mencapai angka 447 orang.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Padang, dr Gentina, Senin 9 September 2019.

Ia mengatakan, dalam akumuluasi selama ini, pihaknya telah menemukan lebih dari seribu orang masyarakat Kota Padang terjangkit virus mematikan itu.

Ia mengatakan, dari jumlah 447 orang yang terjangkit itu, kebanyakan penderitanya adalah kaum lelaki dengan kasus hubungan seks sesama lelaki.

"Kalau untuk penyebabnya, 40 persen karena hubungan seks sesama lelaki dan sebanyak 75 persen penderita HIV itu adalah lelaki," lanjutnya.

"Kalau dilihat dari kelompok umur, penderita HIV/AIDS itu dari umur 25 sampai 49 tahun dan itu dalam status usia produktif," lanjutnya.

Ia mengatakan, untuk pengidap HIV/AIDS itu sendiri saat jni pihaknya masih terus melakukan pendataan agar penularannya dapat dicegah.

[Halbert Caniago]