Wagub Sumbar Minta Kampus Perlakuan Sama Mahasiswa Asal Papua

PKKMB di Universitas Bung Hatta Padang
PKKMB di Universitas Bung Hatta Padang (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Adanya Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dilingkungan perguruan tinggi, terutama di Sumbar, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul meminta agar tidak ada terjadi tindak kekerasan yang dilakukan kepada mahasiswa baru .

Hal tersebut disampaikannya usai pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2019 di Kampus Bung Hatta, Padang, Selasa (10/9/2019).

baca juga: Pandemi Covid-19, PNP Buka Pendaftaran SBMPN 2020 dengan Sistem Seleksi Portofolio

"Kami minta kepada pihak kampus atau para senior agar tidak melakukan kekerasan. Karena masih baru, jadi mereka harus segera bisa menyesuaikan dengan lingkungan kampus. Selain itu kita harus memberikan kenangan yang manis selama pelaksanaan PKKMB ini, agar nanti berkesan setelah selesai kuliah," sebutnya.

Dengan pembinaan yang dilakukan ini, menurut Wagub hal tersebut bisa menjadi penyemangat bagi mahasiswa baru dalam menuntut ilmu.

baca juga: Mau Kuliah dan Langsung Kerja di PLN dan Trakindo! Buruan Daftar ke PNP untuk Kelas Kerjasama

Karena ada mahasiswa baru yang berasal dari Papua, dia berharap untuk tidak ada tindakan yang mengecilkan terhadap mahasiswa tersebut.

"Jangan ada persekusi atau diskriminasi, samakan saja, mereka juga berhak kuliah disini. Mari sama-sama kita pupuk rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari" tutupnya.

baca juga: Mahasiswa Indonesia di China Sudah Menuju Jakarta

Pembukaan PKKMB ini dihadiri oleh Rektor UBH, Wakil Walikota Padang, serta undangan lainnya dan ditandai dengan pemasangan kokarde dan pelepasan balon oleh Wakil Gubernur. (*)

Penulis: Joni Abdul Kasir