Unjukrasa Mahasiswa UIN IB Padang, Senat: Selesaikan dengan Kekeluargaan

"Besok kami akan laksanakan sidang senat untuk membahas permasalahan yang ananda tuntut"
unjukrasa mahasiswa di UIN Imam Bonjol Padang (KLIKPOSITIF/ Halber)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Tidak Kunjung ditemui pihak rektorat Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, mahasiswa yang berunjukrasa akhirnya membubarkan diri usai ditemui Ketua Senat Sayfullah dan menjanjikan untuk melaksanakan sidang senat.

"Kita semua di UIN Imam Bonjol ini adalah keluarga, kalau ada masalah, akan diselesaikan dengan kekeluargaan," ujar Ketua Senat UIN IB, Sayfullah kepada mahasiswa yang sedang aksi di depan Gedung Rektorat.

Ia mengatakan bahwa pihaknya akan melaksanakan sidang senat dan meminta mahasiswa mengutus lima orang perwakilannya untuk hadir dalam sidang tersebut.

"Besok kami akan laksanakan sidang senat untuk membahas permasalahan yang ananda tuntut," lanjutnya.

Ia mengatakan bahwa permasalahan yang akan diselesaikan nantinya itu sesuai dengan tuntutan mahasiswa terkait aksi yang sudah dilakukan selama dua hari tersebut.

Aksi yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut menuntut agar rektor UIN IB yang saat ini menjabat, Eka Putra Wirman diturunkan dan diganti dengan rektor baru, karena mahasiswa menganggap tidak adanya transparansi keuangan kampus.

"Nanti permasalahannya akan diselesaikan dalam sidang senat dan kami minta lima orang perwakilan dari mahasiswa," sambungnya.

Namun demikian, terkait permintaan mahasiswa untuk memberhentikan rektor, ia mengatakan bahwa pihaknya tidak memiliki hak dalam hal itu. "Kalau untuk memberhentikan rektor kami tidak memiliki kewenangan. Itu kewenangan Kementrian Agama," sambungnya.

Dengan mempertemukan perwakilan mahasiswa dengan pihak rektorat nantinya, ia berharap permasalahan di kampus tersebut dapat terselesaikan.

Dalam aksi yang dilakukan mahasiswa hari ini, dari pantauan Klikpositif.com, beberapa kali mahasiswa dan pihak kepolisian yang melakukan pengamanan teejadi aksi dorong-dorongan.

Keadaan tersebut tidak bisa terelakkan karena pihak rektorat tidak juga menemui mahasiswa yang akan ... Baca halaman selanjutnya