Produk Pertanian Unggulan Payakumbuh Ditampilkan Pada Payakumbuh Agro Expo 2019

"Banyak produk pertanian unggulan Payakumbuh yang akan ditampilkan pada kegiatan yang berlangsung selama satu bulan tersebut"
Payakumbuh Agro Expo 2019. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF – Berbagai produk unggulan pertanian Kota Payakumbuh ditampilkan pada Payakumbuh Agro Expo 2019 di Pasar Padang Kaduduak, Kecamatan Payakumbuh Utara dari 10 September sampai dengan 10 Oktober nanti.

Ketua Pelaksana Payakumbuh Agro Expo, Joni Safasni mengatakan ada banyak produk pertanian unggulan Payakumbuh yang akan ditampilkan pada kegiatan yang berlangsung selama satu bulan tersebut, diantaranya produk budidaya jamur tiram, sebuah komoditas yang pembudidayanya masih sedikit di Payakumbuh, namun permintaan jamur mentahnya alias yang belum diolah sangat luar biasa tinggi.

"Ya pembudidaya jamur tiram sangat menantikan ekspo ini untuk mengajak masyarakat membudidaya jamur dengan malakukan sosialiasi, kesempatan besar menunggu para pembudidaya jamur untuk bisa meningkatkan perekonomiannya dengan menjual produk yang peminatnya banyak di Riau," kata pria yang karib disapa Mosir itu, Rabu (11/9).

Pria yang juga merupakan Ketua Forum Komunikasi Petani Peduli Payakumbuh (FKP3) itu menambahkan, pihaknya juga menghadirkan Jeruk Jesigo (Jeruk Siam Gunuang Omeh), produk-produk kerajinan, kuliner olahan rendang, kuliner olahan Labu, dan kuliner khas Payakumbuh lainnya.

"Untuk peminat tanaman hias seperti anggrek, bonsai mini, dan tanaman unik lainnya juga bisa mencari koleksinya disini, bahkan Alumni Kampus Politani bersama mahasiswa akan ikut serta unjuk gigi," kata Mosir.

Kegiatan yang rencananya akan dibuka secara resmi oleh Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi pada 16 September tersebut juga akan diikuti oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) yang akan menjual hasil taninya.

"Untuk petani di bawah naungan Pemko, ada dari KTNA (Kelompok Tani Nelayan Andalan) menjual olahan utama seperti coklat seperti chokato, kerupuk ubi sanjai, jamur krispi, dan bunga-bungaan, bahkan apabila ada space nanti maka olahan lain bisa ditampilkan disini," kata Mosir menambahkan.

Bibit unggulan seperti ... Baca halaman selanjutnya