Kelurahan di Payakumbuh Ini Undang Pecandu Olahraga Menembak untuk Berburu Tupai

"Untuk membasmi hama tupai tersebut, pihak kelurahan mengundang para pecandu olahraga menembak di Luak Limopuluah"
Ilustrasi berburu. (net)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Kelurahan Ompang Tanah Sirah Kecamatan Payakumbuh Utara memiliki cara tersendiri untuk membasmi hama tupai yang beberapa waktu belakangan cukup meresahkan karena merusak tanaman pertanian warga.

Untuk membasmi hama tupai tersebut, pihak kelurahan mengundang para pecandu olahraga menembak di Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota) untuk menyalurkan hobinya dengan berburu tupai, Minggu (15/9) nanti.

Lurah Ompang Tanah Sirah, Erizal menyebut, kegiatan berburu tupai itu dilaksanakannya karena beberapa waktu belakangan cukup banyak keluhan dari warganya terkait hama tupai yang mulai marak di lahan pertanian.

"Di sini banyak warga yang memiliki area pertanian dan perkebunan baik kopi kakao, kelapa, dan lainnya. Tapi beberapa waktu belakangan tanaman warga tersebut banyak yang rusak karena hama tupai. Karena itu kami menggelar kegiatan ini," ujar Erizal, Rabu (11/9).

Untuk memastikan kegiatan tersebut berlangsung sukses dan mampu membasmi hama tupai di daerahnya, pihak kelurahan sudah mengundang penembak tupai profesional yang tergabung dalam Liko SC. Selain itu, warga yang memiliki hobi menembak juga dipersilahkan untuk ikut hadir pada kegiatan tersebut.

"Kami mengundang Liko SC agar memfasilitasi para penggemar olahraga menembak yang berada di bawah naungannya. Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih atas kesediaan LIKO SC untuk menyukseskan kegiatan ini," ucap Erizal.

Kegiatan berburu tupai sendiri bukan pertama kali digelar di Ompang Tanah Sirah. Dua tahun lalu perburuan hama tupai ini juga digelar pihak kelurahan bersama Liko SC.

"Saat itu 157 ekor tupai dan 1 ekor luwak berhasil dilumpuhkan," pungkasnya kemudian. (*)