Warga Binaan Kasus Pencurian Mendominasi di Lapas Painan

"Dari kapasitas 36 tahanan, penghuni Rutan Kelas II B Painan saat ini mencapai 101 orang"
Rutan Painan (Istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Hingga kini daya tampung Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Painan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat terus bertambah. Dari kapasitas 36 tahanan, penghuni Rutan saat ini mencapai 101 orang.

Kepala Rutan Kelas II B Painan, Sahduriman mengungkapkan, untuk menyeimbangi kondisi tersebut, pihaknya telah melakukan pemindahan penghuni ke sejumlah Lapas yang ada di Sumbar, seperti Padang dan Pariaman.

"Jadi, kita sedikit kewalahan dalam melakukan pengawasan terhadap tahanan, karena petugas kita juga terbatas, hanya 29 orang petugas," ungkapnya kepada wartawan saat ditemui di ruangannya, Rabu 11 September 2019.

Ia menjelaskan, dari 101 orang penghuni Rutan Painan, paling banyak didominasi oleh kasus pencurian sebanyak 34 orang, kasus narkoba sebanyak 26 orang dan kasus perlindungan anak mencapai 14 orang.

"Benar miris, dan kondisi ini terus bertambah setiap tahun dan kasus kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak nomor tiga paling banyak," jelasnya.

Selain melebihi kapasitas, katanya saat ini Rutan Kelas II Painan tidak didukung kelengkapan pemantauan CCTV.

Sedangkan, upaya pembangunan lapas baru, pihaknya tidak memiliki anggaran dan ditambah lagi luas lahan yang tidak memadai dan anggaran yang cupuk besar.

"Kalau untuk lapas baru, kita tidak memiliki anggarannya, dan kita juga tidak memiliki lahan yang luas," tutupnya.

[Kiki Julnasri]