Waketum DPP KNPI Nilai Sosok dari Sumbar Ini Layak Jadi Ketua DPD RI

" dalam situasi seperti ini DPD membutuhkan orang yang memahami kelembagaan DPD secara utuh, sehingga beliau secara akademis memahami persis bagaimana cara penguatan DPD RI"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Wakil Ketua Umum DPP KNPI, Doni Harsiva Yandra menilai bahwa utusan Sumatera Barat di Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, Dr H Alirman Sori pantas memimpin DPD RI.

Dihubungi melalui telpon selluler, Doni mengatakan bahwa ada berapa point penting kenapa Alirman Sori pantas memimpin DPD.

"Pertama dari sisi kapasitas keilmuwan Alirman Sori adalah Doktor yang secara spesifik membahas tentang kelembagaan DPD. Beliau sangat memahami DPD secara kelembagaan," kata Doni.

Ia menambahkan, dalam situasi seperti ini DPD membutuhkan orang yang memahami kelembagaan DPD secara utuh, sehingga beliau secara akademis memahami persis bagaimana cara penguatan DPD RI.

Dia menilai selama ini pada prakteknya DPD seperti tidak memiliki kewenangan yang memadai dalam praktek parlementarisme di Indonesia.

" Kedua. Alirman Sori berpengalaman di DPD. Saat ini adalah periode kedua Alirman Sori di DPD. Pengalaman ini tentu jadi catatan positif. Tidak hanya secara akademis memahami DPD tapi secara praktis memahami psikologi kelembagaan," jelasnya.

Selian itu, dia juga menilai hubungannya relatif baik dengan Anggota lain. Pernah menjadi Ketua Komite selama tiga tahun di DPD, Dan memimpin beberapa pansus di DPD. Pengalaman ini tentu sangat penting Dalam memimpin DPD sebagai Lembaga negara.

"Ketiga, secara usia Alirman Sori dapat dikatakan sebagai mewakili kelompok muda di DPD RI. Sebagai anak muda, Kita berharap orang - orang muda yang memiliki kapasitas, kapabilitas dapat memimpin lembaga negara." katanya.

Menurutnya, kelompok muda tentu sangat memahami tantangan yang dihadapi anak-anak muda Hari ini Dan kedepan Dalam menghadapi berbagai tantangan zaman Hari ini Dan kedepannya.

"Saya Kira Alirman Sori memenuhi ketiga kriteria diatas, Intelektual, berpengalaman dan berasal dari generasi muda," jelasnya. (*)