Pakai Baju Adat di Pameran Kriyanusa 2019, Ini Kata Ketua Dekranasda Tanah Datar

"Kita bangga menampilkan pakaian adat Luhak Nan Tuo dan ini mendapatkan respon positif dari seluruh tamu undangan, terutama ibu negara dan ketua Dekranas pusat"
Ketua Dekranasda Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah (tiga kiri) pada Pameran Kriyanusa 2019.

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Tanah Datar, Emi Irdinansyah Tarmizi bangga memakai baju adat setempat pada Pameran Kriyanusa 2019 di Jakarta.

"Kita bangga menampilkan pakaian adat Luhak Nan Tuo dan ini mendapatkan respon positif dari seluruh tamu undangan, terutama ibu negara dan ketua Dekranas pusat," tulis Ny. Emi dalam pesan elektroniknya, Kamis 12 September 2019.

Ia menyebut baju adat yang dipakai merupakan kombinasi Sulaman Kapalo Samek dari Nagari Situmbuk, Kecamatan Salimpaung, Songket dari Nagari Pandai Sikek, Kecamatan X Koto, dan hiasan Laka-laka di kepala dari Kecamatan Sungayang.

"Kombinasi baju adat dari tiga kecamatan ini upaya kita untuk mempromosikan busana yang berasal dari Tanah Datar kepada seluruh peserta yang berasal dari nusantara," kata Emi.

Pameran Kriyanusa 2019 diselenggarakan selama lima hari, 11 - 15 September 2019 yang dibuka Ketua Dekranas Pusat Ny. Mufidah Jusuf Kalla dan dihadiri Ibu Negara Ny. Iriana Joko Widodo. (irfan taufik)