Ambisi Arkadius Maju Pilkada 2020, Siap Mundur dari DPRD Sumbar

"Ia pun menyatakan siap mundur dari keanggotaan DPRD jika diamanahkan oleh partai nantinya."
Arkadius Datuak Intan Bano menyatakan kesiapannya maju pada pemilihan bupati/wakil bupati Tanah Datar tahun depan (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Arkadius Datuak Intan Bano menyatakan kesiapannya maju pada pemilihan bupati/wakil bupati Tanah Datar tahun depan. Ia pun menyatakan siap mundur dari keanggotaan DPRD jika diamanahkan oleh partai nantinya.

"Saya siap mundur dari keanggotaan jika sudah ditetapkan partai. Namun saat ini, dari partai belum memutuskan siapa yang akan maju nantinya dalam pesta demokrasi itu. Saat ini baru nama-nama pribadi yang muncul ke permukaan, seperti Eka Putra dan Ketua DPC Demokrat Tanah Datar Nurhamdi Zahari," katanya, Rabu (11/9).

Untuk bertarung di Pilkada Tanah Datar, Partai Demokrat akan berkoalisi dengan tiga partai lainnya. Hal ini karena Partai Demokrat hanya memiliki empat kursi di DPRD Tanah Datar. "Kita pastinya akan berkoalisi. Namun dengan siapanya nanti belum dibicarakan. Namun target kita tetap Bupati," jelasnya.

Ia mengaku untuk pengerucutan nama dari partai baru akan dibicarakan pada Maret 2020. "Kita masih punya rentang waktu yang cukup untuk membicarakan soal ini," paparnya.

Arkadius Datuak Intan Bano merupakan anggota DPRD Sumbar dari Partai Demokrat. Tahun ini merupakan periode kedua baginya sebagai anggota dewan. Sebelumnya, ia juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumbar.

Pilkada rencananya digelar pada 23 September 2020 di 270 wilayah di Indonesia. 270 wilayah ini meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota seluruh Indonesia. Untuk Sumatera Barat, akan dilaksanakan pemilihan kepala daerah untuk 13 kabupaten/kota dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Kabupaten-Kota yang melakukan pemilihan kepala daerah yakni, Kabupaten 50 Kota, Agam, Solok Selatan, Dhamasraya, Solok, Pesisir Selatan, Sijujung, Pasaman, Pasaman Barat, Mentawai, Padang Pariaman, Kota Bukitinggi, Kota Solok dan Pemilihan Gubernur serta Wakil Gubenur. (*)