Gojek dan Gopay Kolaborasi dengan Pemko Padang Panjang Wujudkan Smart City

(Ist)

PADANG PANJANG , KLIKPOSITIF - Gojek dan Gopay berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemko) Padang bantu wujudkan daerah tersebut sebagai Smart City . Hal itu dilakukan dengan pengenalan ekosistem pembayaran non tunai yang juga diyakini mampu meningkatkan pelayanan publik.

“Saya sangat menyambut positif terjalinnya kerja sama yang sejalan dengan misi Pemko Padang Panjang untuk mewujudkan Padang Panjang sebagai smart city ," ujar Walikota Padang Panjang Fadly Amran dalam kegiatan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Gojek , GoPay, dan Pemko Padang Panjang yang dilaksanakan di Kantor Balaikota Padang Panjang pada Kamis, 12 September 2019.

baca juga: Kabar Gembira, 22 Orang di Padang Panjang Telah Sembuh dari COVID-19

Pada awal tahun ini, Kota Padang Panjang sendiri telah dinobatkan sebagai Kota Cerdas Indonesia 2018 kategori Kota Kecil berdasarkan Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI).

"Menurut kami, kota cerdas adalah kota yang pintar dalam menyelesaikan masalah yang ada di dalam masyarakatnya," kata Fadly.

baca juga: Cek Pospam Lebaran dan COVID-19, Kapolres Padang Panjang Ingatkan Hal Ini

Pemko Padang Panjang bersama dengan Gojek dan GoPay akan menghadirkan beragam kemudahan transaksi nontunai yang dapat dimanfaatkan masyarakat di berbagai bidang layanan publik, diantaranya pajak dan retribusi daerah, layanan kesehatan, transportasi publik, pariwisata, UMKM, hingga bersedekah di rumah ibadah.

Kehadiran ekosistem pembayaran nontunai menggunakan GoPay di berbagai aspek kehidupan masyarakat Padang Panjang diharapkan dapat semakin memudahkan mereka serta membuat mereka terbiasa memanfaatkan teknologi untuk kebutuhan sehari-hari.

baca juga: Polres Padang Panjang Salurkan Zakat Fitrah

Sementara itu, Head of Corporate Affairs Gojek Sumatera, Teuku Parvinanda menjelaskan melalui kerja sama strategis tersebut, masyarakat Padang Panjang akan diperkenalkan kepada ekosistem pembayaran nontunai yang hadir di berbagai kebutuhan sehari-hari.

Ia percaya bahwa kolaborasi itu mampu menghadirkan solusi atas beragam permasalahan yang dihadapi masyarakat, terutama dalam menjalankan bisnis sehari-hari.

baca juga: Apri Wibowo Pimpin Polres Padang Panjang, Ini Harapannya

"Kami pun berharap bahwa ekosistem pembayaran nontunai yang Gojek dan GoPay hadirkan di Padang Panjang ini tidak hanya akan semakin memudahkan masyarakat, namun juga pemerintah dalam mengelola pelayanan publik sehingga menjadi lebih aman, mudah, dan transparan,” katanya.

Teuku juga mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan masyarakat serta lembaga pemerintahan sejak Gojek hadir di Kota Padang Panjang pada Januari 2018 lalu.

Di sisi lain, berkat kepercayaan pengguna dan rekan usaha, GoPay juga baru saja berhasil membawa Gojek sebagai satu-satunya perusahaan Asia Tenggara dalam masuk dalam daftar perusahaan yang dinilai berhasil mengubah dunia versi Majalah Fortune 2019. Gojek menempati peringkat ke-11 dari 52 perusahaan yang masuk dalam daftar tersebut.

Penghargaan ini didapatkan dengan mengukur dampak sosial GoPay bagi para penggunanya, hasil bisnis, tingkat inovasi, serta integrasi perusahaan dalam menjembatani berbagai kebutuhan masyarakat sehari-hari.

Selain di Kota Padang Panjang , Gojek dan GoPay juga telah berkolaborasi dengan pemerintah daerah lainnya guna memperkenalkan manfaat dan kemudahan pembayaran nontunai dengan GoPay di berbagai layanan publik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, seperti dengan Pemerintah Kotamadya Banda Aceh, Pemerintah Kabupaten Belitung, dan Pemerintah Kabupaten Tobasa 

"Kami juga berharap bahwa ke depannya manfaat dari pembayaran nontunai ini bisa dirasakan oleh masyarakat di banyak daerah lainnya,” tutup Teuku.(*)

Penulis: Khadijah